Remote Access

Posted: Juni 9, 2014 in TIPS DAN TRIK

1.      Pengertian Remote Access

Remote Access adalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatunetwork sentral dari suatu lokasi. Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satutempat, lewat kabel telepon, terhubung ke suatu PC atau server pada network utama suatuperusahaan. Adapun oleh Utomo, dkk (2010) Remote access didefinisikan sebagai Remote access merupakan sistem yangbisa digunakan dalam pengendalian suatu manajemen jaringan, dimana administrator dapat denganmudah mengontrol dan mengawasi komputer client, berinteraksi dengan user, backup data, atauaktifitas lainnya.Sedangkan menurut Dhawan (1998) dalam Eliminate Guess Work (2010), Remote Accessadalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatu network sentral dari suatu lokasi.Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satu tempat, lewat kabel telepon, terhubung kesuatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan.Secara umum aplikasi remote access mempunyai beberapa fungsi dalam manajemen jaringan,menurut wahana dan andi (2010), dalam bukunya Cara Jitu Pengelolaan Jaringan Windows denganRemote Desktop dan Administration, ada beberapa kegunaan remote access/Remote Desktop yang lazim diantaranya:

  • Mengendalikan komputer lain dari lokasi yang remote, misalnya untuk mengakses softwaredi komputer yang ada di divisi atau bagian lain di perusahaan oleh pengguna technicalsupport perusahaan diruang kerjanya.
  • Mematikan komputer dari jarak jauh.
  • Menghidupkan ulang komputer/restart dari jarak jauh.
  • Memodifikasi setting registry komputer lain dari jarak jauh.
  • Mengawasi penggunaan komputer lain dari jarak jauh.
  • Membantu pengguna lain memecahkan masalah di PC-nya dari jarak jauh.
  • Mengawasi penggunaan program berjalan / internet dari jarak jauh.
  • Pemeliharaan (maintenance) komputer dari jarak jauh.
  • Sharing resource dari jarak jauh.

 

2.      Sejarah

Pertengahan 1980-an ketika PC mulai populer, beberapa sistem komputer mulaiberpindah dari model sebuah mainframe dengan banyak terminal. LAN lahir ketikakebutuhan akan pertukaran informasi antara satu komputer dengan yang lain. Kemudiansebagian besar perusahaan mempunyai LAN yang menggunakan kabel.Memasuki tahun 1990-an, perusahaan-perusahaan yang mempunyai kantor pada lokasiterpisah, mulai memikirkan cara lain untuk pertukaran informasi. Ditambah denganukuran PC yang semakin kecil dan konsep PC yang mobil. Para user menginginkankemampuan akses yang sama antara ketika mereka berada di jalan dengan ketika beradadi kantor. Kebutuhan akan remote site dan remote user melahirkan remote access.Salah satu alasan mengapa teknologi remote access menjadi salah satu pasar denganpertumbuhan tercepat adalah pertumbuhan jumlah komputer notebook dengankemampuan tinggi yang luar biasa.Trend ini memungkinkan kemampuan orang-orangyang lebih banyak berada di luar untuk akses ke jaringan (network) utama. Selain itupenurunan harga modem kecepatan tinggi yang memungkinkan komunikasi remotemenjadi suatu option untuk siapa saja. Juga ditunjang dengan jalur telepon dengankualitas yang lebih tinggi dan biaya lebih rendah contohnya adalah ISDN.

Banyak perusahaan tertarik dengan remote access karena perusahaan yang memakairemote access memiliki kelebihan kompetitif dengan memberikan akses langsunginformasi kritis di mana pun mereka berada.Dengan teknologi remote akses, perusahaandapat memberikan dukungan dan respon yang lebih baik kepada pelanggan.Kelebihan kompetitif lainnya adalah membuat pekerja menjadi lebih produktif danefisien. Memungkinkan pekerja bekerja di rumah tanpa gangguan yang memberikan lebihbanyak pilihan gaya hidup. Penelitian menunjukkan telekomuter mempunyai loyalitasterhadap perusahaan yang lebih tinggi dibandingkan pekerja kantor biasa. PenelitianCalifornia Telecommuting Pilot Programm menemukan telecommuting meningkatkanproduktivitas 10 sampai 30 % dalam banyak kasus. Perusahaan memilih remote accessuntuk mengurangi jumlah dan ruang kantor yang diperlukan. Dengan banyak pekerjaberada di luar kantor, ruang kantor dapat digunakan sebagai part time basis, dan ruangkantor dapat dikonsolidasi.Aplikasi yang banyak menggunakan remote access adalah :

  • pertukaran surat elektronik
  • tranfer file
  • akses database
  • remote scheduling
  • remote printing
  • manajemen jaringan (network management)

 

 

Industri-industri yang membutuhkan remote access antara lain :

  • perusahaan telekomunikasi
  • real estate
  • keamanan finansial
  • arsitektur
  • akuntansi
  • medis meliputi rumah sakit dan sistem informasi medis
  • perusahaan pengiriman dan pengangkutan
  • perusahaan asuransi
  • provider internet

 

3.      Metode Remote Access

3.1   Terminal Server

Untuk remote user yang membutuhkan akses sistem multi user seperti host UNIX atau DECdan komputer mini, mainframe, atau bulletin board perusahaan darijauh.

 

Gambar 5.1 Terminal Server

a.       Aplikasi khusus

Digunakan untuk satu proses aplikasi. Pengguna remote dilengkapi versikhusus dari aplikasi yang didesain untuk penggunaan dial-in seperti mail remote dandigunakan untuk terhubung ke server aplikasi.

Gambar 5.2 cara kerja aplikasi remote dengan dial-in

b.      Remote control

Pengguna remote terhubung ke suatu PC pada jaringan perusahaan danmengendalikan PC tersebut.Aplikasi diproses dalam jaringan perusahaan dan hasiltampilan diberikan kepada pengguna remote.

 

Gambar 5.3 Remote PC one to one

c.       Server remote control

Sebuah board dengan banyak CPU mendukung multi antarmukaserial dan sebuah bank modem.Tiap CPU board mendukung sebuah single remote user.

 

Gambar 5.4 server remote control

d.      Remote node

Suatu remote PC terhubung ke jaringan lewat sebuah server,mensimulasikan koneksi langsung sebuah node pada jaringan lokal.

 

Gambar 5.5 Remote node

e.      Pendekatan integrasi

Sebuah kombinasi beberapa metoda akses remote seperti node remot, kendali remote (remote control), dan server terminal semua dalam satu box.Pengguna dapat melakukan satu phone call dan akses file, aplikasi, atau host apa saja yang diperlukan tanpa harus diskoneksi.

 

 

Gambar 5.6 Kombinasi beberapa metode akses remote

 

 

4.       Protokol Remote

4.1   Radmin

4.1.1    Pengertian Radmin

Remote Administration merupakan suatu metode pengendalian suatu sistem komputer secara remote atau dengan kata lain dari jarak yang jauh. Salah satu aplikasi remote yang terkenal hingga saat ini adalah Radmin yang saat tulisan ini dibuat telah mencapai versi 3.4 Radmin (Remote Administrator) adalah sebuah aplikasi remote control dan remote access yang memudahkan anda untuk meremote komputer secara real time seperti layaknya berhadapan dengan komputer menggunakan keyboard dan mouse komputer tersebut dan anda dapat mengaksesnya dari banyak tempat. Radmin memadukan banyak dukungan dari Windows Vista (32bit),file transfer, multi-user text dan voice chats, Windows security, Kerberos authentication, 256-bit AESencryption untuk seluruh data stream, telnet access, dukungan multiple monitor support dan teknologiunique Direct Screen Transfer.

Remote Administrator atau yang biasa disebut Radmin adalah sebuah software yang digunakan dalam jaringan untuk memantau, mengontrol, dan mengendalikan semua aktifitas dalam jaringan tersebut, sebenarnya Radmin bukanlah Tool untuk hacking tetapi bisa juga dimanfaatkan dalam kegiatan hacking.

Karena fungsi Radmin dapat memantau, mengontrol dan mengendalikan aktifitas dalam jaringan, tentunya hal ini dapat memudahkan seorang Administrator dalam mengelola semua komputer dan jaringan yang ada.

Tidak hanya seorang Administrator, bahkan Pimpinan suatu perusahaan atau kantor dapat mengawasi semua aktifitas karyawan mereka dengan Software Radmin ini. Jika terdapat karyawan atau staff yang sedang bermain game atau bermain Facebook disaat jam kerja, maka sang Pimpinan dapat dengan mudah untuk mematikan atau menutupnya. Atau bahkan dapat memanfaatkan software ini untuk menguasai komputer lawan.

 

4.1.2    Klasifikasi Radmin

Radmin terdiri dari dua modul, yaitu :

  1. Viewer module (Radmin Viewer) :Radmin Viewer perlu diinstal dalam computer local seperti komputer rumah atau notebook yang anda inginkan untuk mengakses komputer remote.
  2. Server module (Radmin Server) :Radmin Server perlu diinstal dalam remote computer seperti komputer kantor yang di inginkan untuk di akses dari komputer di tempat anda.

 

4.1.3    Fitur dan Keuntungan Radmin

  • Meningkatkan Kecepatan Kerja

Radmin is the fastest remote control perangkat lunak yang tersedia. Baru Direct Screen Transfer menggunakan teknologi video hook kernel mode driver untuk meningkatkan dan untuk menilai ratusan layar update per detik.Khusus optimasi bandwidth rendah memungkinkan untuk bekerja dengan nyaman bahkan pada modem dan koneksi GPRS.

  • Tinggi Keamanan dan Reliabilitas.

Radmin bekerja dalam modus terenkripsi dimana semua data, screen gambar, gerakan mouse dan keyboard sinyal akan dienkripsi menggunakan AES 256-Bit kuat enkripsi dengan kunci yang dihasilkan secara acak untuk masing-masing sambungan. Radmin untuk otentikasi pengguna dapat menggunakan Windows keamanan baik dengan Active Directory dan mendukung Kerberos, atau sendiri dengan keamanan pengguna individu perizinan dan aman login / password authentication.Radmin keamanan menggunakan Diffie-Hellman berbasis pertukaran kunci 2048-bit dengan ukuran kunci. Tambahan IPfilter memungkinkan akses hanya dari jaringan dan host tertentu.

  • Teks dan Voice Chat

Chatting teks, suara dan chatting kirim pesan modus yang baru untuk Radmin versi 3.4, semua dikembangkan untuk membantu berkomunikasi dengan orang yang bekerja jauh bisa terhubung kekomputer.

  • Penggunaan yang Mudah

Radmin sangat mudah untuk dipelajari dan digunakan.Sebagian besar pengguna kami sepakat bahwa keuntungan besar dari Radmin adalah kesederhanaan.Oleh semua laporan, antar muka yang intuitif dan program ini sangat mudah digunakan. Tidak seperti bloatware, Radmin tidak sia-sia value added fitur yang membuatnya bekerja dengan keras, sulit untuk belajar, atauhobbles kinerjanya.

  • Secure ” Drag and Drop ” file Transfer with ” Delta Copy “

Radmin dengan mudah dapat menarik dan menjatuhkan file apapun hingga 2GB Explorer seperti melalui antar muka ke atau dari remote komputer dienkripsi siaga. Radmin mempunyai fitur yang digunakan ketika menyalin file yang memungkinkan memperbarui hanya merupakan bagian dari file yang berbeda di kedua mesin. Fitur ini disebut ” Delta Copy “ sejak hanya file perbedaan (delta) akan disalin. Memungkinkan operasi terus menyalin setelah kesalahan jaringan dari tempat terjadi kesalahan dan bukan dari awal.

  • Variabel Remote Screen

Jauh melihat modus layar penuh termasuk Screen, skala dan Windowed.Full-Screen Mode memungkinkan anda melihat layar jauh di seluruh layar tampilan.Skala Mode memungkinkan melihat skala jauh layar dalam sebuah jendela dengan ukuran yang ditetapkan pengguna. Radmin juga mendukung Resolusi Tinggi dan Beberapa modus monitor.

  • Multilingual

Radmin memiliki dukungan multi menggunakan bahasa per satu file sehingga tidak diperlukan untuk men-download dan re-install Radmin untuk setiap bahasa.

 

  • Multiple Connections Support

Radmin mendukung bersamaan beberapa sambungan ke layar yang sama jauh. Ini berarti dapat mengundang teman atau untuk melihat layar jarak jauh atau dapat melihat atau kontrol beberapa jauh dari komputer layar.

  • Free Technical Support E-mail

Famatech pasokan GRATIS dukungan teknis kami terdaftar pelanggan.Dapat menggunakan layanan onlinehelpdesk untuk mengirimkan pertanyaan teknis.Biasanya kita memecahkan masalah teknis dalam waktu 24 jam.Please, menggunakan bahasa Inggris ketika Famatech menghubungi dukungan teknis.

 

4.1.4    Manfaat Radmin

Radmin menggunakan protocol TCP/IP yang merupakan protocol paling banyak dan paling luas digunakan di dalam jaringan LAN, WAN dan Internet.Yang artinya dapat mengakses remote komputer anda dari manapun di seluruh dunia.Radmin dapat digunakan untuk :

  • Mengoperasikan komputer rumah kantor secara remote.
  • Menyediakan fungsi bantuan (helpdesk function) untuk para Remote User .
  • Mengelola dengan mudah jaringan rumah atau kantor secara remote.

Bagaimana Radmin bekerja, dapat melihat layar komputer yang diremote dalam tampilan layar monitor, dan seluruh sinyal pergerakan mouse dan keyboardakan ditransfer secara langsung ke komputer remote. Dapat menjalankan komputer remote seperti komputer biasa di depan. Dapat mengaksesnya secara remote computer yang sama dari berbagai tempat dan menggunakan file transfer lebih lanjut, teks dan voice chat, remote shutdown, Telnet dan berbagai fitur yang ditawarkannya.

 

4.1.5    Kelebihan Dan Kekurangan

Kelebihan dari RAdmin adalah sebagai berikut:

  • Dapat mengatur atau mengendalikan computer yang telah di installremote service dari jarak jauh.
  • Dapat memonitor komputer dari jarak jauh.
  • Dapat men-shut down dan merestart computer.
  • Dapat melakukan pertukaran data antara komputer.
  • Operator bisa memantau apa saja yang dilakukan para client saat online.\
  • Transfer file, dari server ke klient maupun sebaliknya tanpa menggunakan Flashdisk dan tidak perlu sharing-sharing folder.
  • Menghapus file dari klient
  • Bisa mengontrol seluruh perangkat pada client(Keyboard + mouse), ini memudahkan operator dalam men-setting komputer client yang bermasalah tanpa harus menuju ke tempat client tersebut.

Kekurangan dari RAmin adalah :

  • User akan terganggu
  • Remote administrator hanya bisa dilakukan pada satu jaringan (satu ring).
  • Remote administrator tidak bisa melanggar prefeksi.
  • Jika IP addressnya dari DHCPserver remote administrator tidak bisa dijalankan.
  • Remote administrator tidak bisa berjalan jika IP address berbeda (yang satu statis dan yang satunya lagi dinamis).

 

4.2      TCP VIEW

TCPVIEW adalah suatu free utility dari Sysinternals yang mempunyai kemampuan menampilkan IP address dan menampilkan program yang digunakan oleh orang lain untuk koneksi dengan komputer pemakai. TCPView adalah program Windows yang akan menunjukkan daftar rinci semua TCP dan UDP endpoints di sistem anda, termasuk alamat lokal dan remote dan negara koneksi TCP. Pada Windows Server 2008, Vista, dan XP, TCPView juga melaporkan nama proses yang memiliki endpoint. TCPView menyediakan subset lebih informatif dan mudah disajikan dari program Netstat yang kapal dengan Windows. The TCPView Download mencakup Tcpvcon, versi baris perintah dengan fungsi yang sama. menggunakan TCPView.

Ketika Anda mulai TCPView akan menghitung semua aktif TCP dan UDP endpoints, menyelesaikan semua alamat IP untuk versi nama domain mereka. Anda dapat menggunakan tombol toolbar atau menu item untuk mengubah tampilan nama diselesaikan. Pada sistem Windows XP, TCPView menunjukkan nama proses yang memiliki masing-masing endpoint.

Secara default, TCPView update setiap detik, tetapi Anda dapat menggunakan Pilihan | Refresh Rate item menu untuk mengubah tingkat. Endpoints yang mengubah negara dari satu update ke yang berikutnya akan disorot dalam kuning; mereka yang dihapus yang ditampilkan dalam warna merah, dan titik akhir baru disajikan dalam warna hijau.

Anda bisa menutup didirikan koneksi TCP / IP (yang diberi label dengan keadaan ESTABLISHED) dengan memilih File | Tutup Koneksi, atau dengan mengklik kanan pada koneksi dan memilih Tutup Koneksi dari menu konteks yang dihasilkan.

Gambar 5.7 Tampilan TCP View

Anda dapat menyimpan jendela output TCPView untuk file menggunakan item menu Save.

4.3   SSH

4.3.1    Sejarah SSH

Tahun 1995 SSH di ciptakan oleh (Tatu Ylönen) seorang peneliti di Helsinki University of Technology, Finlandia.karena didorong oleh peristiwa serangan pembongkaran sandi di jaringan universitas (disebut SSH-1).

Pada bulan Juli 1995, Ylönen merilis SSH sebagai freeware.Menjelang akhir 1995, basis pengguna SSH telah tumbuh hingga 20.000 pengguna di lima puluh negara.

Pada bulan Desember 1995, Ylönen mendirikan SSH Communications Security untuk memasarkan dan mengembangkan SSH.

Pada tahun 1996, dirancang, SSH-2 .Keamanan yang lebih baik.Diperkirakan, sejak tahun 2000, terdapat lebih dari 2.000.000 pengguna SSH.

Pada tahun 2005, SSH adalah satu-satunya aplikasi ssh yang paling populer.

4.3.2    Pengertian SSH

  • SSH (Secure Shell Hosting) adalah protokol atau aplikasi yang memungkinkan pertukaran data antara dua perangkat jaringan yang lebih aman dibandingkan dengan telnet, rsh dan rlogin. SSH banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell. SSH pertama kali dikembangkan oleh openBSD project dan kemudian versi rilis p (port) di manage oleh team porting ke sistem operasi lainnya, temasuk Linux. Dengan ssh semua percakapan antara server dan klien di enkripsi, artinya apabila percakapan tersebut disadap, penyadap tidak akan memahami isinya.
  • SSH (Secure Socket Shell) (bukan SHSH) atau yang sering disebut Secure shell adalah protokol jaringan berbasis UNIX yang memungkinkan kita untuk mengakses sebuah komputer (remote) melalui jaringan secara aman. Dikarenakan SSH menggunakan jaringan yang dienkripsi, maka SSH ini banyak digunakan oleh seorang admin jaringan untuk mengontrol sebuah server web atau sebuah komputer dari jauh (remote).
  • Secure Shell atau SSH merupakan protokol network yang memungkinkan pengguna untuk membuka jendela akses pada komputer lokal dan terhubung ke komputer remote/server, sehingga pengontrol seperti berada di depan server target. Dengan demikian SSH menyediakan koneksi aman dari black hacker untuk transfer data antar 2 komputer
  • SSH merupakan paket program yang digunakan sebagai pengganti yang aman untuk rlogin, rsh dan rcp. Ia menggunakan public-key cryptography untuk mengenkripsi komunikasi antara dua host, demikian pula untuk autentikasi pemakai. Ia dapat digunakan untuk login secara aman ke remote host atau menyalin data antar host, sementara mencegah man-in-themiddle attacks (pembajakan sesi) dan DNS spoofing atau dapat dikatakan Secure Shell adalah program yang melakukan loging terhadap komputer lain dalam jaringan, mengeksekusi perintah lewat mesin secara remote, dan memindahkan file dari satu mesin ke mesin lainnya.
  • SSH dirancang untuk menggantikan protokol telnet dan FTP.
  • Adapun SSH merupakan produk serbaguna yang dirancang untuk melakukan banyak hal, yang kebanyakan berupa penciptaan tunnel antar host. Beberapa implementasi SSH tergantung pada SSL libraris karena SSH dan SSL menggunakan banyak menggunakan algoritma enkripsi yang sama (misalnya TripleDES(Pengembangan dari DES oleh IBM). ), Algoritma enkripsi lain yang didukung oleh SSH di antaranya BlowFish (BRUCE SCHNEIER), IDEA (The International Data Encryption Algorithm), dan RSA (The Rivest-Shamir-Adelman).
  • Secure Shell dapat digunakan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, MAC, BSD dan bahkan Anda dapat menggunakan protokol SSH di Iphone, BlackBerry, Android, IPad, Tabs, dll. Otentikasi proses SSH sangat kuat seperti penggunaan kriptografi publik key SSH untuk mengotentikasi komputer remote dan sebaliknya.
  • SSH dapat digunakan untuk beberapa tujuan seperti Tunneling, port forwarding dan koneksi. Versi utama SSH adalah sebagai berikut:

4.3.3       Kegunaan SSH

SSH1 atau SSH-1

SSH2 atau SSH-2

4.3.4    Artektur SSH

SSH-2 protokol memiliki arsitektur internal pada lapisan terpisah dengan baik. Yaitu:

  • Lapisan transportasi (RFC 4253). Lapisan ini menangani pertukaran kunci awal dan server otentikasi dan set up enkripsi, kompresi dan integritas verifikasi. Lapisan otentikasi pengguna (RFC 4252). Lapisan ini menangani otentikasi klien dan menyediakan sejumlah metode otentikasi. Lapisan koneksi. Lapisan ini mendefinisikan konsep kanal, kanal permintaan dan permintaan global menggunakan layanan yang disediakan SSH. SSHFP DNS record (RFC 4255) menyediakan sidik jari kunci publik untuk membantu memverifikasi keaslian host.
  • Sejak SSH memiliki kelemahan desain yang melekat dan membuatnya rentan (misalnya, terhadap serangan man-in-the-middle). Dalam semua versi SSH, penting untuk memverifikasi kunci publik sebelum menerimanya secara valid. Menerima seorang kunci publik atttacker sebagai kunci publik yang valid memiliki efek membuka password yang ditransmisikan dan memungkinkan serangan man in-the-middle.

4.3.5    Cara Kerja SSH

Misalkan suatu client mencoba mengakses suatu linux server melalui SSH. SH daemon yang berjalan baik pada linux server maupun SSH client telah mempunyai pasangan public/private key yang masing-masing menjadi identitas SSH bagi keduanya.

Langkah-langkah koneksinya adalah sebagai berikut :

Langkah 1

Client bind pada local port nomor besar dan melakukan koneksi ke port 22 pada server.

Langkah 2

Client dan server setuju untuk menggunakan sesi SSH tertentu.Hal ini penting karena SSH v.1 dan v.2 tidak kompatibel.

Langkah 3

Client meminta public key dan host key milik server.

Langkah 4

Client dan server menyetujui algoritma enkripsi yang akan dipakai (misalnya TripleDES atau IDEA).

Langkah 5

Client membentuk suatu session key yang didapat dari client dan mengenkripsinya menggunakan public key milik server.

Langkah 6

Server men-decrypt session ky yang didapat dari client, meng-re-encrypt-nya dengan public key milik client, dan mengirimkannya kembali ke client untuk verivikasi.

Langkah 7

Pemakai mengotentikasi dirinya ke server di dalam aliran data terenkripsi dalam session key tersebut.

Sampai disini koneksi telah terbentuk, dan client dapat selanjutnya bekerja secara interaktif pada server atau mentransfer file ke atau dari server. Langkah ketujuh diatas dapat dilaksanakan dengan berbagai cara (username/password, kerberos, RSA dan lain-lain)

4.3.6    Implementasi SSH

Implementasi SSH terlihat dalam produk-produk berikut :

  • FreeSSH
  • OpenSSH (Unix, Windows)
  • LSH (unix)
  • PuTTY (Windows)
  • Okhapkin s port of SSH1(windows)
  • MacSSH (Macintosh)
  • TeraTerm (windows)
  • NitfyTelnet 1.1 SSH (Machintosh)
  • Commercial SSH
  • SSH communication Security (unix, windows)
  • F-Secure SSH (unix,Windows)
  • Secure CRT, SecureFX (windows)
  • Vshell (Windows)

4.3.7    Metode Enskripsi

SSH menggunakan etode public-key cryptography untuk mengenskripsi komunikasi antara dua host, demikian pula untuk autentikasi pemakai. Dengan metode ini, kita akan memerlukan 2 buah kunci berbeda yang digunakan baik untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. Dua buah kunci tersebut masing-masing disebut public key (dipublikasikan ke public/ orang lain) dan private key (dirahasiakan/ hanya pemiliknya yang tahu). Masing-masing kunci di atas dapat digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi.

SSH dapat digunakan untuk login secara aman ke remote host atau menyalin data antar ghost, sementara mencegah man-in-themiddle attacks (pembajakan sesi) dan DNS spoofing atau dapat dikatakan secure shell adalah program yang melakukan loging terhadap komputer lain dalam jaringan, mengeksekusi perintah lewat mesin secara remote, dan memindahkan file dari satu mesin ke mesin lainnya. SSH merupakan produk serbaguna yang dirancang untuk melakukan banyak hal, yang kebanyakan berupa penciptaan tunnel antar host.

4.4  PUTTY

4.4.1    Pengertian

Gambar 5.8 Icon Putty

PuTTY adalah aplikasi gratis dan sebuah aplikasi open source terminal emulator yang dapat bertindak sebagai klien untuk rlogin SSH, Telnet, dan protokol TCP. Aplikasi ini sangat berguna bagi network administrator ketika ingin meremote komputer lain. Nama “Putty” tidak memiliki arti yang masih belum pasti, meskipun kata ‘tty’ adalah nama untuk sebuah terminal dalam sistem operasi Unix. Aplikasi Putty awalnya ditulis untuk Microsoft Windows, tetapi telah berkembang ke berbagai sistem operasi lain. Aplikasi Putty gratis ini dibangun pada awal tahun 1999, dan telah digunakan menjadi klien SSH-2 sejak Oktober 2000.

Definisi sederhana fungsi aplikasi PuTTY adalah anda menjalankan PuTTY pada OS Windows, dan dapat digunakan untuk menyambung ke (misalnya) mesin Unix. Aplikasi Putty membuka Window. Lalu, apa saja yang diketik dalam jendela yang dikirim langsung ke mesin Unix, dan segala sesuatu respon dari OS Unix akan dikirim kembali ditampilkan di jendela anda. Sehingga Anda dapat bekerja pada mesin Unix seolah-olah anda sedang berada di console, sementara sebenarnya tidak.

Sebelum versi 0,58, tiga rilis berturut-turut (0,55-0,57) dibuat untuk memperbaiki lubang keamanan aplikasi PuTTY yang signifikan pada versi sebelumnya, beberapa bug aplikasi PuTTY diantaranya bahkan memungkinkan klien masuk ke server tanpa otentifikasi terlebih dahulu. Versi 0,58, dirilis pada bulan April 2005, berisi beberapa fitur baru, termasuk dukungan Unicode yang lebih baik.

Dengan Putty, maka memungkinkan kita untuk dapat menerima data dari komputer server yang lain. Program ini ditemukan pada Oktober 2000 oleh Simon Tatham.Aplikasi ini dapat anda gunakan kapan saja, tanpa jaringan internet atau offline. Dengan kata lain, cara menggunakan Putty ini terbilang sederhana dan “tidak aneh-aneh”, manfaatnya yaitu kita dapat menerima data dari komputer lain PUTTY adalah aplikasi yang bertindak sebagai klien untuk menerima data,mengirim data, dan untuk meremote komputer dengan terhubungnya menggunakan Port SSH dan sebagainya Aplikasi PUTTY digunakan ketika anda ingin mentransfer sebuah data dari komputer 1 ke komputer lain

Gambar 5.9 Contoh remote PC dan server

4.4.2       Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari aplikasi Putty ini adalah putty dapat melakukan all remote namun kekurangannya adalah kurang fitur-fitur yang menarik dan penggunaannya pun sangat sulit bagi orang awam.

5 add-on PUTTY yang sering digunakan

  • PuTTY Connection Manager

PuTTYCM memiliki fitur untuk menyimpan sessian yang terdapat pada putty.Kita dapat menampilkan semua session yang ada pada session tab.  Ketika kita pertama kalinya menjalankan PuTTYCM, anda akan diminta untuk menentukan lokasi dari File PuTTY.exe yang aslinya. Add-on ini membutuhkan Framework.NET 2.0 yang sudah terinstal pada komputer anda.

Dibawah ini adalah gambar ketika PuTTYCM digunakan.Sebelumnya saya sudah menyimpan 3 session untuk mengkonfigurasikan server yang ada, seperti list yang terlihat pada sebelah kanan dalam gambar.

Dengan menggunakan Add-On ini kita bisa sekaligus mengecek server yang kita miliki.

Gambar 5.10 Tampilan Putty Connection Manager

  • PuTTYtray

Jika anda menggunakan PuTTYtray, anda dapat me-minimize Jendela PuTTY ke system tray pada Windows. Secara default, original PuTTY menyimpan informasi session kedalam Windows Registry. Berarti akan susah untuk memindahkan session pada PuTTY dari satu komputer ke komputer lain. Tetapi jika anda menggunakan PuTTYtray, hal ini dapat dilakukan, anda tinggal mengkopikan file yang tersimpan didalam folder sessions.

Sebelumnya anda harus memilih radio button “Sessions from file” sebelum membuat session yang baru. Setelah itu, barulah folder session akan tercipta, didalamnya terdapat file yang bisa kita kopikan ke komputer mana saja.

Gambar 5.11 Tampilan Putty Configuration

  • PuttyTabs

PuttyTabs akan menampilkan session pada PuTTY dengan tampilan tab yang melayang. Untuk memilih session, klik pada gambar komputer di sudut sebelah kiri dalam gambar. Nantinya akanmenampilkan session yang sudah pernah dilakukan.

Untuk menggunakan PuTTYTabs ini, langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi file putty yang asli. Untuk melakukannya, klik pada tulisan “PuttyTabs” pada bagian kiri atas aplikasi, kemudian pilih “Configurations..”, lalu browse letak file putty.exe disimpan.

PuttyTabs membutuhkan Framework.NET 2.0 untuk menjalankanya.

Gambar 5.12 Tampilan Putty tabs

  • PuTTY Command Sender

PuTTYCS memberikan kemudahan untuk melakukan konfigurasi pada banyak server hanya dengan memberikan satu perintah dari satu terminal. Ngerti nggak yaa ? Biar lebih jelas lagi maksud diatas, anda dapat mengirimkan perintah linux ke jendela putty yang sedang dijalankan pada saat yang sama. Sebagai contoh, kita memberikan perintah seperti dibawah ini :

View Code BASH

Pada tool PuTTYCS. Hasilnya anda bisa lihat sendiri, bawah pada semua jendela PuTTY yang sedang anda jalankan, akan melakukan perintah yang sama.

Gambar 5.13 Tampilan Putty Command Sender

  • PocketPuTTY             

PocketPuTTY hanya bisa digunakan pada PDA dengan System Operasi Windows Mobile 2003/5.0.Add-On ini khusus bagi admin yang ingin melakukan remote login ke server melalui PDA atau sejenisnya.

Gambar 5.14 Tampilan Pocket Putty

4.4.3          Cara penggunaan PuTTY

1)      Setelah PuTTY selesai di download selanjutnya bisa langsung kita gunakan:

Gambar 5.15 Icon Putty pada desktop

2)      Bentuk interface PuTTY adalah sebagai berikut:

 

Gambar 5.16 Interface Putty

 

Selanjutnya isi field Host Name (or IP Address) dengan IP Address dari server yg ingin kita remote, dan juga isi field Port dengan port yg sudah di setting pada server untuk koneksi SSH ( secara default port yg digunakan adalah 22).Lalu tekan ENTER atau klik Open.

3)      Selanjutnya kita akan diminta memasukan username (login as:) dan password:

 

Bila username dan password yg dimasukan benar maka akan muncul seperti gambar diatas. Sekarang kita sudah berada pada terminal konsol pada server dan sudah bisa meremote komputer server.

Untuk menggunakan aplikasi ini, anda harus bisa perintah-perintah dasar linux.Karena saat menggunakan PuTTy, hanya layar hitam dan putih saja yang ada(konsole).

4.4.4       Cara Meremote

Sebelum melakukan langkah di bawah port ssh di komp tujuan harus aktif dengan cara diaktifkan servicenya melalui terminal.

=>di fedora => service sshd start “untuk mengaktifkan por ssh”

=>chkconfig sshd on “servis aktif terus berjalan”

Jika untuk mengetahui sshd sudah terinstall belum ==>service sshd status, jika failed berarti belum terinstall dan harus iinstal dahulu opensshnya.

 

 

Software putty tidak memerlukan installasi putty versi ini langsung klik-klik saja akan muncul sebagai berikut:

 

Langkah awal menggunakannnya :

Gambar 5.17 Cara mengisi Host Name dan Port

Port 22 adalah SSH Secure Shell Port ini digunakan untuk port SSHSecure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell

Pada host name isikan komputer yang ada tuju atau alamat ip, pilih SSH, dan isi port dengan port 22 selanjutnya klik Open

Setelah kotak dialog putty muncul login berdasarkan user dan password server jika berhasil akan tampil seperti berikut

 

Komputer server telah berhasil di remote

 

4.5   Telnet

4.5.1     Teori

Saat ini manusia benar-benar berada dalam suatu masyarakat informasi.Pemindahan sejumlah informasi dari suatu tempat ke tempat lainnya dapat dilakukan dengan sangat cepat.Dari suatu perusahaan kecil ke perusahaan raksasa.Peneliti dari seluruh penjuru dunia mendapatkan dirinya bekerja dalam suatu lingkurangan jaringan. Secara langsung dapat mengakses keija dari rekan keija di tempat lain, suatu perpustakaan “virtual” yang memiliki jumlah ribuan volume paper dan buku. Sekelompok group dapat melaksanakan disktusi satu sama lainnya tanpa perlu berpindah lokasi fisis.

Kemampuan untuk “bercakap” dengan seseorang yang berada pada jarak jauh, mengirim tulisan pendek 2000 kata ke sekelompok kerja yang akan mengkritik dan memberikan umpan balik. Seluruhnya tak membutuhkan perjalanan fisis dari dokumen tersebut.

Permasalahan terbesar dari masyrakat yang menghadapi teknologi informasi ini adalah pada saat ketika pertama kali menggunakan sistem INTERNET.Mereka mencoba untuk menggapai seluruh yang tersedia. Terkadang pengguna musiman akan terkejut ketika mendapatkan suatu bentuk layanan baru dari jaringan. INTERNET bagaikan suatu rimba belantara informasi, sehingga harus dikenal jenis-jenis service yang tersedia agar dapat dimanfaatkan dengan efisien dan efektif.

Gambar 5.18 Mekanisme Client Server

4.5.2        Mekanisme Client Server

Sistem pelayanan informasi pada jaringan INTERNET, sebagian besar bekerja dengan konsep client-server. Jadi program client akan meminta server untuk melakukan suatu tugas , misal searching. Setelah server selesai, maka akan mengirimkan hasilnya ke client. Selurur mekanisme bekerja dengan tata cara pengiriman message. Dengan cara ini maka dapat dilakukan pendisitribusian proses secara efisien ke beberapa mesin yang berbeda.

Telnet adalah aplikasi remote login Internet. Telnet digunakan untuk login ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database. Telnet memungkinkan pengguna untuk duduk didepan komputer yang terkoneksi ke internet dan mengakses komputer lain yang juga terkoneksi ke internet. Dengan kata lain koneksi dapat teijadi ke mesin lain di satu ruangan, satu kampus, bahkan setiap komputer di seluruh dunia. Setelah terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol langsung ke remote computer tadi. Akan dapat diakses pelayanan apapun yang disediakan oleh remote machine dan hasilnya ditampilkan pada terminal lokal. Dapat dijalankan session interaktif normal (login, eksekusi command), atau dapat diakses berbagai service seperti: melihat catalog dari sebuah perpustakaan, akses ke teks dari USA today, dan masih banyak lagi service yang disediakan oleh masing-masing host pada di network.

 

4.5.3          Mekanisme Client Server pada Jaringan TCP/IP di Internet

TELNET menggunakan 2 program, yang satu adalah client (telnet) dan server (telnetd). Yang teijadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang dijalankan pada komputer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan oleh komputer yang menghasilkan pelayanan tadi

Gambar 5.19 Telnet client dan sever

 

4.5.4             Interaksi TELNET

Tugas dari client adalah:

  • Membuat koneksi network TCP (Transfer Control Protocol) dengan server.
  • Menerima inputan dari user
  • Menformat kembali inputan dari user kemudian mengubah dalam bentuk format Standard dan dikirim ke server.
  • Menerima output dari server dalam format Standard.
  • Mengubah format output tadi untuk ditampilkan pada layar.

Sedangkan tugas dari server adalah:

  • Menginformasikan Software jaringan bahwa komputer itu siap menerima koneksi.
  • Menunggu permintaan dalam bentuk format Standard.
  • Melaksanakan permintaan tersebut.
  • Mengirim kembali hasil ke client dalam bentuk format Standard.
  • Menunggu permintaan selanjutnya.

Gambar 5.20 Tugas Server dan client pada telnet

4.5.5          Koneksi mesin ketika terjadi TELNET

Telnet menggunakan koneksi pada Port Destination = 23. Untuk interaksi banyak mesin maka dapat digambarkan sebagai berikut:

Gambar 5.21Pola hubungan antara 3 mesin pada Jaringan TCP/IP

Ketika terjadi koneksi A-B

  • Pada mesin A Port yang digunakan adalah Source=350 Destination=23
  • Pada mesin B Port yang digunakan adalah Source=23 Destination=350

Ketika terjadi koneksi B-C

  • Pada mesin B Port yang digunakan adalah Source=400 Destinition=23
  • Pada mesin C Port yang digunakan adalah Source=23 Destinition=351

Ketika terjadi koneksi C-A Pada mesin A

  • Pada mesin A Port yang digunakan adalah Source=23 Destinition=23
  • Pada mesin B Port yang digunakan adalah Source=23 Destinition=400

 

Gambar 5.22Penggunaan Port untuk Server yang dituju oleh banyak pengguna

 

Telnet adalah program yang memungkinkan komputer host Internet anda menjadi terminal dari komputer host lain di Internet. Dengan ftp anda dapat membuka koneksi hanya untuk mentransfer file. Telnet memungkinkan anda untuk login sebagai pemakai pada komputer jarak jauh dan menjalankan program layanan Internet yang disediakan oleh komputer tersebut.

Telnet menyediakan akses langsung ke beragam layanan di Internet. Komputer host anda memang menyediakan beragam layanan, namun jika layanan tersebut tidak ada, anda bisa menggunakannya melalui Telnet. Misalnya ketika masyarakat Internet menulis interface untuk membantu pengguna lain, Telnet memungkinkan anda mengakses host mereka dan menggunakan interface yang mereka buat.

 

Demikian juga ketika seorang membuat layanan yang bermanfaat, Telnet memungkinkan anda mengakses sumber daya informasi yang berharga ini.

 

4.5.6       Cara pengunaan Telnet

Cara penggunaan Telnet ini sangat mudah, anda ketik telnet diikuti dengan alamat yang ingin anda hubungi bila menggunakan UNIX atau klik icon Telnet di Windows kemudian pilih menu connect kemudian remote system.

Telnet secara diam-diam ada di belakang layar saat anda berinteraksi dengan komputer jarak jauh tersebut. Dalam kebanyakan kasus, perintah yang perlu diketahui adalah perintah yang digunakan pada host jarak jauh. Host kemungkinan menjalankan Unix, meskipun anda juga dapat menjumpai sistem operasi lain pada server host seperti UMS atau Windows NT. Sebagian besar sistem, terutama database, menawarkan menu. Apabila menu tidak tersedia, maka lebih baik amati file bantu (help) yang tersedia. Dapat diketikan ?atau help atau cukup h untuk mengamati apakah file bantu tersedia. Untuk mengakhiri sesi Telnet ketik quit atau exit, pada beberapa sistem menggunakan bye atau off Bila menggunakan Windows tergantung program yang digunakan misal WinTel, tinggal click pada Icon program yang bersangkutan.

  1. Menggunakan Windows

Cara menjalankan Telnet di Windows

Untuk menggunakan telnet di Windows bisa dengan mengetikkan perintah telnet diikuti dengan ip address dari komputer server. Contoh:

telnet 192.168.3.1.

Atau cukup telnet saja, lalu ketik perintah open diikuti dengan ip address dari komputer server. Contoh:

telnet

open 192.168.3.1

Menjalankan Telnet di Windows

Masukkan username serta password yang valid

Cara Setting Telnet Server

  1. Login ke sistem Linux sebagai root
  2. Buatlah user baru untuk persiapak akses telnet server

# groupadd temanku

# useradd agus –g temanku

# passwd agus

# useradd budi –g temanku

# passwd budi

 

  1. Catatlah berapa nomer port yang digunakan oleh telnet

# cat /etc/services | grep telnet

 

       Apakah protokol yang digunakan oleh telnet ?

  1. Cek apakah program telnet server sudah terinstall atau belum. Jika sudah, langsung kerjakan langkah nomer 7.
  • Jalankan perintah rpm –qa | grep telnet, tulis hasilnya !
  • Dari hasil diatas ada berapa banyak program telnet yang terinstall ? Dan apakah dalam daftar sudah ada program telnet-server ?
  • Jalankan perintah rpm –qa | grep telnet-server , tulis hasilnya, jika kosong berarti belum ada telnet server yang terinstall
  1. Jika program telnet-server belum ada, installah dengan cara sbb.

Masukkan CD Rom Redhat dan ketiklah perintah berikut ini.

 

# mount  /dev/cdrom  /mnt/cdrom

# cd /mnt/cdrom

# ls –l

# cd RedHat

# ls –l

# cd RPMS

# ls –l telnet*

  1. Jika tidak ditemukan telnet-server-xxxx.rpm (xxx = nomer versi) gantilah dengan CD yang lain, jika ditemukan installah program tersebut dengan cara

# rpm –ivh telnet-server*.rpm

        

  1. Catatlah di direktori mana saja telnet program tersebut diinstall.

# rpm –ql telnet-server

 

Catatlah :

  • Direktori yang berisi executable file untuk program telnet
  • Nama file konfigurasi

:___________________________________

  • Direktori yang menyimpan manual dan dokumentasi kedua program tersebut.
  1. Menghapus rule firewall

Redhat Linux versi 8 atau yang lebih baru, akan mengaktifkan firewall secara default sehingga semua akses dari luar akan ditolak. Untuk kepentingan percobaan ini, ada baiknya untuk sementar semua rule firewall dihapus.

 

Gunakan perintah :

# iptables -F

 

Uji coba dari localhost

Untuk menguji coba apakah telnet & ftp server sudah berjalan dengan baik atau tidak jalankan perintah sbb. :

# telnet localhost

Jika terdapat pesan sbb.berarti kedua service tersebut belum berhasil.

# telnet localhost

Trying 127.0.0.1…

telnet : unable to connect to remote host

Connection Refused 

Jika tidak berhasil kemungkinan  sbb :

  1. Service telnet masih didisable, edit file berikut ini (jalankan perintah berikut)

# vi  /etc/xinetd.d/telnet

pada baris disable = yes diganti disable = no

selanjutnya restart xinetd dengan perintah  :

# /etc/init.d/xined restart

  1. Port yang dipakai telnet dipakai yang lain, jalankan perintah berikut :

#  /etc/init.d/sendmail stop

 

Jika proses instalasi berhasil akan ada pesan sbb.

# telnet localhost

Red Hat Linux release 9 (Shrike)

login: student

Password: ****** 

 

        Telnet  dari komputer client ke server

Berikan teman anda informasi tentang IP PC anda, username danpassword untuk login ke komputer anda (berikan user dan password yang anda buat pada langkah 2).Misalkan PC anda mempunyai IP 10.252.108.100, maka dari PC teman anda lakukan perintah sbb.

# ping 10.252.108.100   —- cek konektivitas

# telnet 10.252.108.100

$ username : agus

$ passwd : ********

$ hostname              —- catat hostnamenya

$ whoami               

$ pwd                   —- catat home direktorinya

$ finger                —- catat siapa saja yang login

$ finger> dataku       —- cek : boleh write ?

$ hostname > namapc

$ pwd

$ exit                  —- kembali ke PC client

Untuk melakukan ftp ke PC anda dari PC rekan anda, gunakan perintah .

# ping 10.252.108.100   —- cek konektivitas

# telnet 10.252.108.100

$ username : budi

$ passwd : ********

         Amatilah proses-proses yang terjadi di PC anda (server)

Ajaklah rekan anda untuk telnet  ke PC anda, dan amati dengan perintah :

# finger                   — amati hasilnya

# netstat

# netstat –a |grep telnet  — amati hasilnya

# cat /var/log/secure

 

4.6         FTP (File Transfer Protocol)

4.6.1          Pengertian FTP

FTP merupakansingkatandari File Transfer Protocol. FTP terdiridarisebuah client dansebuah server yang merupakanaplikasi yang memberikanakses /pertukaran transfer data antaraduakomputer( clientdan server ). Transfer yang file/ data inidapatteradiantarakomputer yang berbentuk mainframe dan  sebuahkomputerdijaringanlokal. Atau transfer data dapatterjadidarikomputerkitake server FTP melalui internet. FTP merupakanaplikasi yang sangatberguna( powerful) karenaaplikasiinimenyediakanakseskepadapengunjungatau user untukmengakses data yang tersimpanpada server tersebut, dandapatdiaksesolehsejumlahbesarkomputersecarabersamaan.Bentukdasardari ftp adalah :ftp://host.domain

4.6.2          Macam – Macam FTP

  1. Anonymous FTP

Istilah dari bahasa inggris yang berarti anonym atau tanpa nama. Tanpa nama, tidak diketahui namanya. Identitas yang digunakan untuk mengakses informasi kesuatu sever terutama untuk pemakai umum. Kadang istilah ini juga diartikan sebagai seorang yang menggunakan nama palsu atau mengisi data palsu.

Kadang kala disingkat dengan istilah anonymous FTP adalah suatu cara yang memungkinkan user dalam menjangkau dokumen, file, program, dan data lainnya dimanapun yang tersimpan di internet, tanpa perlu memasukkan nama login password.

  • Anonymous FTP Singkatan dari Anonymous file transfer protocol. Situs:site FTP yang dapat di akses
  • Anonymous-only logons, memperbolehkan akses remote dengan menggunakan account IUSR computername
  • File transfer protocol, protocol standar untuk kegiatan lalu-lintas file antara dua computer.

 

  1. Trivial File Transfer protocol

Disingkat dengan TFTP. File transferprotocol yang cukup sederhana dan tidak terlalu aman digunakan khususnya untuk melakukan transfer data yang bersifat rahasia. Proses transfer datanya dilakukan dengan menggunakan User Datagram Protokol. TFTP ini mirip dengan file transfer protocol, bedanya adalah dalam hal protocol transport yang lebih digunakan.

 

  1. FTP client

Perangkatyang digunakan untuk melakukan transfer file dalam lingkungan internet menggunakan standar dari FTP. Proses transfer file dalam lingkungan internet hampir sama seperti proses transfer dalam lingkungan Dos, hanya saja terdapat kelebihan. Macam-macam FTP Client: ftp clien under windows, cute ftp, WS-FTP, ger right, GO!zilla, coffie cup, dll.

 

  1. FTP server

Komputer server yang memberikan akses FTP ke intranet maupun internet. Macam-macam software pembangun FTP server: FTPd, pro-FTPd, Wu-FTPd, ftpX,Troll-FTPD, dll.

Ada 2macam FTPberdasarkanhakaksesnya :

  1. FTP User

FTP user artinya ftp yang dapatdiaksesdanmemilikipermisihanyadibatasihanyauntuk user tertentu. Karena ftp user disertakansuatuautentifikasibilakitaakanmengakseskedalamnya.

Format dari FTP user adalah :

ftp://user@host.domain

  1. FTP Anonymous

FTP anonymous artinya, FTP yang disediakansecara anonymous/ tanpanama, dengankata lain FTP tersebutdapatdiaksesolehsiapapundanbiasanyatanpa password, ataupunbiladiminta password,.Biasanya server memintaalamat email kitasebagai password nyauntukferivikasi.

Contohnya :

ftp://unila.ac.id

ftp://ftp5.freebsd.org

ftp://ftp.tucows.com

4.6.3          Cara Kerja FTP

Gambar 5.23 Cara kerja FTP

  • FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai.
  • Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan “mendengarkan” percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk

(1)    membuat sebuah koneksi antara klien dan server,

(2)    untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga

(3)    mengembalikan respons server ke perintah tersebut.

  • Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
  • FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi.
  • Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki.
  • Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas.

4.6.4          Perintah dalam melakukan proses FTP

Beberapa perintah yang sering dan sangat diperlukan oleh user dalam melakukan proses FTP adalah seperti dibawah ini:

  • Open: memulai ftp dan mengkoneksikan ftp ke server
  • Nlist, dir, ls: daftar dari file yang ada dalam ftp server
  • Cd: berpindah direktori secara hakiki pada direktori ftp server
  • Lls, lcd, lpwd perintah yang digunakan untuk memberikan informasi kepada kita di direktori aktif mana kita berada pada computer local.
  • Get: perintah ini digunakan jika kita ingin mengambil file dari ft-server ke computer local
  • Put: perintah ini digunakan untuk menaruh data ke ftp-server, dari computer kita ke computer server
  • Mput/mget: digunakan untuk mengambil dan menaruh beb erapa data secara langsung
  • Ascii/binary: melakukan transfer data dalam bentuk format file ascii atau secara binary
  • Quit: mengakhiri dan memutuskan hubungan ftp dari computer kita ke computer server

4.6.5          Aplikasi FTP

Aplikasi-aplikasi ftp client free dan open source yang dapat di jalankan di sistem operasi windows adalah sebagai berikut :

1. FileZilla

Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Linux, *BSD, Mac OS X. Aplikasi ini support untuk FTP, FTP over SSL/TLS (FTPS) dan SSH File Transfer Protocol (SFTP). Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi homepagenya FileZilla

 

Gambar 5.24 Tampilan filezilla

2. WinSCP

Gambar 5.25 Tampilan WinSCP

Aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows. Aplikasi ini support untuk FTP, FTP over SSL/TLS (FTPS) dan SSH File Transfer Protocol (SFTP), aplikasi ini juga mengintegrasikan teks editor. Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi homepagenya WinSCP.

Sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi FTP Client yang ada, namun kebanyakan mereka hanya memberi fitur yang terbatas saat kita mendownload secara gratis, untuk mendapatkan fitur yang lebih komplit, kita diharuskan untuk membayarnya.  Kalau ada yang benar-benar gratis serta powerfull, kenapa harus membayar??

 

4.6.6          Cara Akses FTP Server Lewat Command Prompt

Windows command prompt memungkinkan untuk mengakses server menggunakan FTP melalui perintah FTP. Segera setelah anda membuat sambungan ke server, anda dapat mentransfer file dari PC anda dan juga dapat men-downloadnya, hanya dengan menggunakan perintah saja. Saya juga akan daftar beberapa perintah FTP yang akan membantu anda seluruhnya..

Akses FTP Server menggunakan Command Prompt

Berikut langkah-langkah yang akan saya tunjukkan bagaimana menggunakan FTP dari Command Prompt:

Langkah 1: mulai perintah prompt dan pindah ke direktori dimana tempat semua file anda berada. Karena ini adalah tempat dari mana anda dapat memindahkan file anda ke server dan men-downloadnya di folder yang sama.

Langkah 2 : Masukkan perintah

ftp domainname (nama domain)

Contoh: ftp azharftp.clanteam.com

Langkah 3 : Masukkan username ketika ditanya, diikuti dengan password.

Langkah 4 : Anda dapat melihat koneksi yang sedang didirikan. Sekarang Anda diijinkan untuk melakukan tindakan pada file Anda pada memutuskan itu.

Ini adalah perintah FTP:

Untuk mendapatkan daftar lengkap dari perintah FTP, anda dapat menggunakan “Help”. Perintah ini tidak memerlukan koneksi ke Remote System..

  • Help: Meminta daftar semua perintah FTP yang tersedia.
  • ascii: untuk mengaktifkan mode ascii.
  • status: untuk menampilkan bagaimana sesi FTP saat ini dikonfigurasi.
  • prompt: untuk mengaktifkan / menonaktifkan mode interaktif.
  • ls: daftar direktori setara dengan dir.
  • ls-l: direktori daftar panjang, terinci.
  • pwd: Menampilkan nama direktori saat ini
  • cd: direktori Ubah.
  • lcd: mengubah direktori sekarang lokal.
  • get: men-download file dari server FTP.
  • put: upload file ke server pada pada suatu waktu.
  • mget: download beberapa file dari server FTP.
  • mput: meng-upload beberapa file ke server FTP.
  • binery: Untuk mengaktifkan mode biner.
  • delete: menghapus file di server FTP.
  • mkdir: membuat direktori pada server FTP.
  • ascii: Mengatur mode transfer file ke ASCII (Catatan: ini adalah mode default untuk FTP program yang paling).
  • quit/close/bye/disconnect: putuskan dari server FTP.

! : Mendahului perintah dengan tanda seru akan menyebabkan perintah untuk mengeksekusi di sistem lokal, bukan remote system.

 

Meng-upload file ke server

Untuk meng-upload file masukkan perintah:

menempatkan nama file

Sekarang anda dapat melihat file upload dengan memasukkan URL…

4.6.7          Kelebihan dan kekurangan FTP

Adapun kelemahan dan kelebihan dari FTP adalah sebagai berikut:

  • Kelebihan dari FTP
    1. FTP dapat Mempermudah dalam mengunggah data
    2. FTP dapat mentransfer data
    3. Pada FTP online terdapat fasilitas untuk mengupload data ke server dalam jumlah banyak sekaligus jadi tidak satu persatu
    4. Pada FTP dapat melayani tukar-menukar file
    5. FTP merupakan Versi paling gres juga dilengkapi dengan seperangkat program audit dan penanganan aount
  • Kelemahan dari FTP
  1. FTP tidak aman dalam mentransfer suatu file karna file dirim tanpa di-enkripsi terlebh dahulu.
  2. Keamanan dan kemudahan penggunaan seringkali berbentrokan danmenjadi dilema para administrator sistem dimana-mana.
  3. FTP desainnya mash lemah sehngga mengakibatkan tidak terinformasinya para administrator sistem mengenai resiko yang mereka hadapi.

 

 

RANGKUMAN

  • Network sentral dari suatu lokasi. Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satu tempat, lewat kabel telepon, terhubung ke suatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan.
  • Salah satu alasan mengapa teknologi remote access menjadi salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat adalah pertumbuhan jumlah komputer notebook dengan kemampuan tinggi yang luar biasa. Trend ini memungkinkan kemampuan orang-orang yang lebih banyak berada di luar untuk akses ke jaringan (network) utama.
  • Metode – metode Remote Access
  1. Terminal Server
  2. Aplikasi khusus
  3. Remote control.
  4. Server remote control
  5. Session remote control (session kendali jauh).
  6. Remote node
  7. Pendekatan integrasi
  • Radmin (Remote Administrator) adalah sebuah aplikasi remote control dan remote access yang memudahkan anda untuk meremote komputer secara real time seperti layaknya berhadapan dengan komputer menggunakan keyboard dan mouse komputer tersebut dan anda dapat mengaksesnya dari banyak tempat.
  • TCPVIEW adalah suatu free utility dari Sysinternals yang mempunyai kemampuan menampilkan IP address dan menampilkan program yang digunakan oleh orang lain untuk koneksi dengan komputer pemakai.
  • SSH (Secure Shell Hosting) adalah protokol atau aplikasi yang memungkinkan pertukaran data antara dua perangkat jaringan yang lebih aman dibandingkan dengan telnet, rsh dan rlogin. SSH banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell.
  • PuTTY adalah aplikasi gratis dan sebuah aplikasi open source terminal emulator yang dapat bertindak sebagai klien untuk rlogin SSH, Telnet, dan protokol TCP. Aplikasi ini sangat berguna bagi network administrator ketika ingin meremote komputer lain. Nama “Putty” tidak memiliki arti yang masih belum pasti, meskipun kata ‘tty’ adalah nama untuk sebuah terminal dalam sistem operasi Unix.
  • Telnet adalah aplikasi remote login Internet. Telnet digunakan untuk login ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database.
  • FTP merupakansingkatandari File Transfer Protocol. FTP terdiridarisebuah client dansebuah server yang merupakanaplikasi yang memberikanakses /pertukaran transfer data antaraduakomputer( clientdan server ).

 

 

 

DAFTAR PERTANYAAN DAN JAWABAN

  1. Jelaskan engertian Remote Access !

Jawab :

Remote Access adalah merupakan sistem yang bisa digunakan dalam pengendalian suatu manajemen jaringan, dimana administrator dapat dengan mudah mengontrol dan mengawasi kmpoter client, berinteraksi dengan user, backup data, atau aktifitas lainnya.

  1. Jelaskan secara singkat sejarah Remote Access !

Jawab :

  • Pertengahaan 1980-an ketika PC mulai populer beberapa sistem komputer mulai berpindah dari model sebuah mainframe dengan banyak terminal.
  • Awal tahun 1990-aan, perusahaan-perusahaan yang mempunyai kantor pada lokasi terpisah, mulai memikirkan cara lain untuk pertukaran informasi. Ditambah dengan ukuran PC yang semakin kecil dan konsep PC yang mobil.
  1. Sebutkan beberapa kegunaan Remote Access !

Jawab :

–          Mengendalikan komputer lain dari lokasi Remote

–          Mematikan komputer dari jarak jauh

–          Menghidupkan ulang komputer dari jarak jauh

–          Memodifikasi setting registry komputer lain dari jarak jauh

–          Mengawasi penggunaan komputer lain dari jarak jauh

–          Membantu pengguna lain memecahkan masalah Pcnya dari jarak jauh

–          Mengawasi penggunaan komputer berjalan / internet dari jarak jauh

–          Maintenance komputer dari jarak jauh

–          Sharing Resource dari jarak jauh

  1. Sebutkan industri-industri yang membutuhkan remote access !

Jawab :

  • perusahaan telekomunikasi
  • bisnis pelayanan
  • real estate
  • keamanan finansial
  • arsitektur
  • akuntansi
  • medis meliputi rumah sakit dan sistem informasi medis
  • perusahaan pengiriman dan pengangkutan
  • perusahaan asuransi
  • provider internet
  1. Sebutkan metode – metode Remote Access

Jawab :

  1. Terminal Server
  2. Aplikasi khusus
  3. Remote control.
  4. Server remote control
  5. Session remote control (session kendali jauh).
  6. Remote node
  7. Pendekatan integrasi
  8. Jelaskan pengertian Radmin

Jawab :

Remote Administrator atau yang biasa disebut Radmin adalah sebuah software yang digunakan dalam jaringan untuk memantau, mengontrol, dan mengendalikan semua aktifitas dalam jaringan tersebut.

  1. Bagaimana remote komputer via internet dengan radmin

Jawab :

Langkahnya yaitu:

  1. Install aplikasi Radmin server pada komputer yang akan diremote – jalankan program Radmin 3.1 server (rserv31) – Klik next, klik accept, klik install-finish
  2. Jika sudah selesai lanjutkan dengan konfigurasi – klik permissions-pilih Radmin security-klik permission – klik add user, masukkan user name dan password yang anda inginkan – klik Allow pada All Access,klik OK, OK, Klik Exit
  3. Konfigurasi firewall diPC tersebut – klik Start – Settings – Control Panel, windows firewall – tab exception, klik add port – pada kotak name masukkan “Radmin” (tanpa tanda kutip) – pada kotak port number dengan “4899″, (tanpa tanda kutip), klik Ok – jika program radmin sudah masuk di list exception klik Ok
  4. Install aplikasi Radmin viewer di PC yang akan meremote – jalankan file radmin viewer (rview31) – klik tomobil Add New Connection – masukkan nama PC yang anda inginkan dan isi juga IP address pc tersebut, OK – lalu double klik pada pc yang ingin dikendalikan.
  5. PC sudah bisa dikendalikan – jalankan program Radmin viewer – double click pada gambar PC yang ingin anda kendalikan. – Masukkan username dan password yang telah dibuat – komputer sudah bisa di remote.

 

  1. Sebutkan Klasifikasi dari Radmin!

Jawab :

  • Viewer module (Radmin Viewer) :Radmin Viewer perlu diinstal dalam computer local.
  • Server module (Radmin Server) :Radmin Server perlu diinstal dalam remote computer.
  1. Bagaimana cara kita mengatur ftp supaya dapat digunakan?

Jawab:

explorer file ke sebuah server melalui protokol ftp.

  1. server mana yg mau dimasuki
  2. tahu domain atau ip, user n pass, atau guest
  3. set di program ftp client; ip, user, pass
  4. connect
  5. explore file.
  1. Jelaskan cara kerja TCP View !

Jawab :

TCPView akan menghitung semua aktif TCP dan UDP endpoints, menyelesaikan semua alamat IP untuk versi nama domain mereka. Anda dapat menggunakan tombol toolbar atau menu item untuk mengubah tampilan. Secara default, TCPView meng-update data setiap detik.

  1. Apakah ftp tidak bisa pada jaringan wireless ?

Jawab :

Tentu bisa, tidak ada yang membatasi hanya saja kemungkinan jaringan wireless yang anda gunakan tidak mengijinkan penggunanya mengakses situs ftp
karena pada umumnya situs ftp berisi file yang cukup besar ukurannya, sehingga jika anda melakukan aktifitas download, dikhawatirkan mengganggu pengguna jaringan wireless lainnya. Bisa dengan wireless maupun dengan kabel cuma beda media saja.

  1. Jelaskan secara singkat sejarah SSH?

Jawab :

Tahun 1995 SSH di ciptakan oleh (Tatu Ylönen) seorang peneliti di Helsinki University of Technology, Finlandia.karena didorong oleh peristiwa serangan pembongkaran sandi di jaringan universitas (disebut SSH-1)

 

 

  1. Cara remote komputer linux dengan ssh?

Jawab :

  1. Pastikan ssh server sudah terinstall pada server anda, jika belum terinstal anda bisa menggunakan command ini untuk menginstall nya : apt-get install ssh
  2. Setelah terinstall pada server anda, biasa ssh akan otomatis aktif, jika belum aktif maka anda bisa menggunakan command ini untuk mengaktifkan ssh nya : /etc/init.d/ssh start
  3. Jika ssh server sudah terinstall dan aktif, anda bisa meremote komputer server anda.
  4. Untuk meremote dari komputer client ketik command berikut :ssh [username]@[ip], gunakan username dan ip komputer server anda.
  5. kemudian ketik yes untuk melanjutkan dam masukan password komputer server anda.  Jika masuk ke konsole berarti anda telah berhasil meremote komputer server anda…. HORE HORE HORE.
  6. kalo belum berhasil coba lagi step by step di atas dan jangan menyerah…
  7. Apa definisi sederhana dan mudah dimengerti dari PUTTY?
    Jawab:

PUTTY adalah software remote console atau terminal yang digunakan untuk meremote komuter dengan terhubungnya menggunakan Port SSH dan sebagainya

  1. Mengapa PUTTY bertindak sebgai klien untuk SSH?
    Jawab :

PUTTY bertindak sebagai klien untuk SSH karena PUTTY adalah aplikasi yang bertindak sebgai klien.

  1. Sebutkan kelebihan dan kekurangan PUTTY

Jawab :

  • Kelebihan dari aplikasi Putty ini adalah putty dapat melakukan all remote
  • Kekurangannya adalah kurang fitur-fitur yang menarik dan penggunaannya pun sangat sulit bagi orang awam
  1. Bagaimana test Koneksi FTP dengan Telnet di Port 21?

Jawab :

Lakukanlah test Port FTP menggunakan telnet. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke Dos Prompt / Command Prompt
  1. Ketik “telnet nama-domain-anda.com 21″ tanpa tanda petik dan kemudian tekan enter
  2. Jika port FTP terkoneksi suksess maka pesan yang tampil adalah sebagai berikut

220———- Welcome to Pure-FTPd [privsep] [TLS] ———-

220-You are user number 3 of 50 allowed.

220-Local time is now 09:19. Server port: 21.

220-IPv6 connections are also welcome on this server.

220 You will be disconnected after 15 minutes of inactivity.

quit

221-Goodbye. You uploaded 0 and downloaded 0 kbytes.

221  Logout.

  1. Selesai
  2. Apakah perbedaan Telnet dan SSH ?

Jawab :

Disini dapat dilihat bahwa SSH memberikan alternatife yang secure terhadap remote session tradisional dan file transfer protocol seperti Telnet dan relogin. Protokol SSH mendukung otentikasi terhadap remote host, yang dengan demikian meminimalkan ancaman pemalsuan identitas client lewat IP address spoofing maupun manipulasi DNS.Aplikasi seperti Telnet tidak menggunakan enkripsi sedangkan SSH dilengkapi dengan enkripsi.

Sebab itulah SSH (Secure Shell) dapat memberi keamanan yang lebih daripada Telnet atau rlogin.Banyak yang menggunakan Telnet sebagai aplikasi jaringan mereka. Sebenarnya hal tersebut kurang begitu aman sebab dalam proses mengirim atau menerima data memungkinkan sesion kita terlihat dalam bentuk text. Sehingga orang yang jahil yang masuk ke network kita dapat mengetahui username, password, atau perintah-perintah yang di baca.

  1. Sebutkan fungsi Telnet !

Jawab :

Untuk dapat menghubungkan komputer yang terletak jauh dari komputer kita. Jadi yang dilihat di monitor komputer adalah isi dari komputer yang kita hubungkan tersebut

 

  1. Sebutkan dan jelaskan mascam – macam FTP berdasarkan hak aksesnya !

Jawab :

FTP User

FTP user artinya ftp yang dapat di akses dan memiliki permisi hanya di batasi hanya untuk user tertentu. Format dari FTP user adalah :ftp://user@host.domain

FTP anonymous

FTP yang disediakan secara anonymous/ tanpa nama, dengan kata lain FTP tersebut dapat di akses oleh siapapun dan biasanya tanpa password. Contoh nya :ftp://unila.ac.id

  1. Sebutkan dan jelaskan perintah dalam proses FTP !

Jawab :

–          Open: memulai ftp dan mengkoneksikan ftp ke server

–          Nlist, dir, ls: daftar dari file yang ada dalam ftp server

–          Cd: berpindah direktori secara hakiki pada direktori ftp server

–          Lls, lcd, lpwd perintah yang digunakan untuk memberikan informasi kepada kita di direktori aktif mana kita berada pada computer local.

–          Get: perintah ini digunakan jika kita ingin mengambil file dari ft-server ke computer local

–          Put: perintah ini digunakan untuk menaruh data ke ftp-server, dari computer kita ke computer server

–          Mput/mget: digunakan untuk mengambil dan menaruh beb erapa data secara langsung

–          Ascii/binary: melakukan transfer data dalam bentuk format file ascii atau secara binary

–          Quit: mengakhiri dan memutuskan hubungan ftp dari computer kita ke computer server


 

DAFTAR PUSTAKA

4sucktie.tripod.com/ras1.pdf diakses pada tanggal 7 April 2013 08:10 PM

http://adepranata.blogspot.com/2011/05/ftp-file-transfer-protokol.html di akses pada tanggal 6 April 2013 pukul 8:32 AM

http://ahlisoftware.blogspot.com/2012/04/cara-akses-ftp-server-lewat-command.html di akses pada tanggal 9 April 5:22 PM

http://blog.fastncheap.com/aplikasi-ftp-di-windows/ di akses pada tanggal 7 April 2013 pukul 9:25 PM

http://budi.insan.co.id/courses/security/2006/tommy_report.pdf

http://daristkj.blogspot.com/2012/07/ftp-dan-cara-kerja.html di akses pada tanggal 6 April 2013 pukul 8:40 AM

http://Dinda Kusuma Ramadhan-REMOTE-ACCESS.html

http://ibasbloger.blogspot.com/2008/09/cara-pemakaian-putty-dan-winscp-di.html

http://mikro-software.blogspot.com/2011/10/putty.html

http://muhlis-statistik.blogspot.com/ di akses pada tanggal 6 April 2013 pukul 8:48 AM

http://narudesign.blogspot.com/2012/09/kegunaan-software-putty.html

http://uswatun-umus.blogspot.com/2013/01/materi-prakerin-ttg-radmin-secara.html

http://www.konsultasi-it.com/2011/05/install-dan-menggunakan-putty-ssh.html

 

1.      Pengertian Remote Access

Remote Access adalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatunetwork sentral dari suatu lokasi. Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satutempat, lewat kabel telepon, terhubung ke suatu PC atau server pada network utama suatuperusahaan. Adapun oleh Utomo, dkk (2010) Remote access didefinisikan sebagai Remote access merupakan sistem yangbisa digunakan dalam pengendalian suatu manajemen jaringan, dimana administrator dapat denganmudah mengontrol dan mengawasi komputer client, berinteraksi dengan user, backup data, atauaktifitas lainnya.Sedangkan menurut Dhawan (1998) dalam Eliminate Guess Work (2010), Remote Accessadalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatu network sentral dari suatu lokasi.Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satu tempat, lewat kabel telepon, terhubung kesuatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan.Secara umum aplikasi remote access mempunyai beberapa fungsi dalam manajemen jaringan,menurut wahana dan andi (2010), dalam bukunya Cara Jitu Pengelolaan Jaringan Windows denganRemote Desktop dan Administration, ada beberapa kegunaan remote access/Remote Desktop yang lazim diantaranya:

  • Mengendalikan komputer lain dari lokasi yang remote, misalnya untuk mengakses softwaredi komputer yang ada di divisi atau bagian lain di perusahaan oleh pengguna technicalsupport perusahaan diruang kerjanya.
  • Mematikan komputer dari jarak jauh.
  • Menghidupkan ulang komputer/restart dari jarak jauh.
  • Memodifikasi setting registry komputer lain dari jarak jauh.
  • Mengawasi penggunaan komputer lain dari jarak jauh.
  • Membantu pengguna lain memecahkan masalah di PC-nya dari jarak jauh.
  • Mengawasi penggunaan program berjalan / internet dari jarak jauh.
  • Pemeliharaan (maintenance) komputer dari jarak jauh.
  • Sharing resource dari jarak jauh.

 

2.      Sejarah

Pertengahan 1980-an ketika PC mulai populer, beberapa sistem komputer mulaiberpindah dari model sebuah mainframe dengan banyak terminal. LAN lahir ketikakebutuhan akan pertukaran informasi antara satu komputer dengan yang lain. Kemudiansebagian besar perusahaan mempunyai LAN yang menggunakan kabel.Memasuki tahun 1990-an, perusahaan-perusahaan yang mempunyai kantor pada lokasiterpisah, mulai memikirkan cara lain untuk pertukaran informasi. Ditambah denganukuran PC yang semakin kecil dan konsep PC yang mobil. Para user menginginkankemampuan akses yang sama antara ketika mereka berada di jalan dengan ketika beradadi kantor. Kebutuhan akan remote site dan remote user melahirkan remote access.Salah satu alasan mengapa teknologi remote access menjadi salah satu pasar denganpertumbuhan tercepat adalah pertumbuhan jumlah komputer notebook dengankemampuan tinggi yang luar biasa.Trend ini memungkinkan kemampuan orang-orangyang lebih banyak berada di luar untuk akses ke jaringan (network) utama. Selain itupenurunan harga modem kecepatan tinggi yang memungkinkan komunikasi remotemenjadi suatu option untuk siapa saja. Juga ditunjang dengan jalur telepon dengankualitas yang lebih tinggi dan biaya lebih rendah contohnya adalah ISDN.

Banyak perusahaan tertarik dengan remote access karena perusahaan yang memakairemote access memiliki kelebihan kompetitif dengan memberikan akses langsunginformasi kritis di mana pun mereka berada.Dengan teknologi remote akses, perusahaandapat memberikan dukungan dan respon yang lebih baik kepada pelanggan.Kelebihan kompetitif lainnya adalah membuat pekerja menjadi lebih produktif danefisien. Memungkinkan pekerja bekerja di rumah tanpa gangguan yang memberikan lebihbanyak pilihan gaya hidup. Penelitian menunjukkan telekomuter mempunyai loyalitasterhadap perusahaan yang lebih tinggi dibandingkan pekerja kantor biasa. PenelitianCalifornia Telecommuting Pilot Programm menemukan telecommuting meningkatkanproduktivitas 10 sampai 30 % dalam banyak kasus. Perusahaan memilih remote accessuntuk mengurangi jumlah dan ruang kantor yang diperlukan. Dengan banyak pekerjaberada di luar kantor, ruang kantor dapat digunakan sebagai part time basis, dan ruangkantor dapat dikonsolidasi.Aplikasi yang banyak menggunakan remote access adalah :

  • pertukaran surat elektronik
  • tranfer file
  • akses database
  • remote scheduling
  • remote printing
  • manajemen jaringan (network management)

 

 

Industri-industri yang membutuhkan remote access antara lain :

  • perusahaan telekomunikasi
  • real estate
  • keamanan finansial
  • arsitektur
  • akuntansi
  • medis meliputi rumah sakit dan sistem informasi medis
  • perusahaan pengiriman dan pengangkutan
  • perusahaan asuransi
  • provider internet

 

3.      Metode Remote Access

3.1   Terminal Server

Untuk remote user yang membutuhkan akses sistem multi user seperti host UNIX atau DECdan komputer mini, mainframe, atau bulletin board perusahaan darijauh.

 

Gambar 5.1 Terminal Server

a.       Aplikasi khusus

Digunakan untuk satu proses aplikasi. Pengguna remote dilengkapi versikhusus dari aplikasi yang didesain untuk penggunaan dial-in seperti mail remote dandigunakan untuk terhubung ke server aplikasi.

Gambar 5.2 cara kerja aplikasi remote dengan dial-in

b.      Remote control

Pengguna remote terhubung ke suatu PC pada jaringan perusahaan danmengendalikan PC tersebut.Aplikasi diproses dalam jaringan perusahaan dan hasiltampilan diberikan kepada pengguna remote.

 

Gambar 5.3 Remote PC one to one

c.       Server remote control

Sebuah board dengan banyak CPU mendukung multi antarmukaserial dan sebuah bank modem.Tiap CPU board mendukung sebuah single remote user.

 

Gambar 5.4 server remote control

d.      Remote node

Suatu remote PC terhubung ke jaringan lewat sebuah server,mensimulasikan koneksi langsung sebuah node pada jaringan lokal.

 

Gambar 5.5 Remote node

e.      Pendekatan integrasi

Sebuah kombinasi beberapa metoda akses remote seperti node remot, kendali remote (remote control), dan server terminal semua dalam satu box.Pengguna dapat melakukan satu phone call dan akses file, aplikasi, atau host apa saja yang diperlukan tanpa harus diskoneksi.

 

 

Gambar 5.6 Kombinasi beberapa metode akses remote

 

 

4.       Protokol Remote

4.1   Radmin

4.1.1    Pengertian Radmin

Remote Administration merupakan suatu metode pengendalian suatu sistem komputer secara remote atau dengan kata lain dari jarak yang jauh. Salah satu aplikasi remote yang terkenal hingga saat ini adalah Radmin yang saat tulisan ini dibuat telah mencapai versi 3.4 Radmin (Remote Administrator) adalah sebuah aplikasi remote control dan remote access yang memudahkan anda untuk meremote komputer secara real time seperti layaknya berhadapan dengan komputer menggunakan keyboard dan mouse komputer tersebut dan anda dapat mengaksesnya dari banyak tempat. Radmin memadukan banyak dukungan dari Windows Vista (32bit),file transfer, multi-user text dan voice chats, Windows security, Kerberos authentication, 256-bit AESencryption untuk seluruh data stream, telnet access, dukungan multiple monitor support dan teknologiunique Direct Screen Transfer.

Remote Administrator atau yang biasa disebut Radmin adalah sebuah software yang digunakan dalam jaringan untuk memantau, mengontrol, dan mengendalikan semua aktifitas dalam jaringan tersebut, sebenarnya Radmin bukanlah Tool untuk hacking tetapi bisa juga dimanfaatkan dalam kegiatan hacking.

Karena fungsi Radmin dapat memantau, mengontrol dan mengendalikan aktifitas dalam jaringan, tentunya hal ini dapat memudahkan seorang Administrator dalam mengelola semua komputer dan jaringan yang ada.

Tidak hanya seorang Administrator, bahkan Pimpinan suatu perusahaan atau kantor dapat mengawasi semua aktifitas karyawan mereka dengan Software Radmin ini. Jika terdapat karyawan atau staff yang sedang bermain game atau bermain Facebook disaat jam kerja, maka sang Pimpinan dapat dengan mudah untuk mematikan atau menutupnya. Atau bahkan dapat memanfaatkan software ini untuk menguasai komputer lawan.

 

4.1.2    Klasifikasi Radmin

Radmin terdiri dari dua modul, yaitu :

  1. Viewer module (Radmin Viewer) :Radmin Viewer perlu diinstal dalam computer local seperti komputer rumah atau notebook yang anda inginkan untuk mengakses komputer remote.
  2. Server module (Radmin Server) :Radmin Server perlu diinstal dalam remote computer seperti komputer kantor yang di inginkan untuk di akses dari komputer di tempat anda.

 

4.1.3    Fitur dan Keuntungan Radmin

  • Meningkatkan Kecepatan Kerja

Radmin is the fastest remote control perangkat lunak yang tersedia. Baru Direct Screen Transfer menggunakan teknologi video hook kernel mode driver untuk meningkatkan dan untuk menilai ratusan layar update per detik.Khusus optimasi bandwidth rendah memungkinkan untuk bekerja dengan nyaman bahkan pada modem dan koneksi GPRS.

  • Tinggi Keamanan dan Reliabilitas.

Radmin bekerja dalam modus terenkripsi dimana semua data, screen gambar, gerakan mouse dan keyboard sinyal akan dienkripsi menggunakan AES 256-Bit kuat enkripsi dengan kunci yang dihasilkan secara acak untuk masing-masing sambungan. Radmin untuk otentikasi pengguna dapat menggunakan Windows keamanan baik dengan Active Directory dan mendukung Kerberos, atau sendiri dengan keamanan pengguna individu perizinan dan aman login / password authentication.Radmin keamanan menggunakan Diffie-Hellman berbasis pertukaran kunci 2048-bit dengan ukuran kunci. Tambahan IPfilter memungkinkan akses hanya dari jaringan dan host tertentu.

  • Teks dan Voice Chat

Chatting teks, suara dan chatting kirim pesan modus yang baru untuk Radmin versi 3.4, semua dikembangkan untuk membantu berkomunikasi dengan orang yang bekerja jauh bisa terhubung kekomputer.

  • Penggunaan yang Mudah

Radmin sangat mudah untuk dipelajari dan digunakan.Sebagian besar pengguna kami sepakat bahwa keuntungan besar dari Radmin adalah kesederhanaan.Oleh semua laporan, antar muka yang intuitif dan program ini sangat mudah digunakan. Tidak seperti bloatware, Radmin tidak sia-sia value added fitur yang membuatnya bekerja dengan keras, sulit untuk belajar, atauhobbles kinerjanya.

  • Secure ” Drag and Drop ” file Transfer with ” Delta Copy “

Radmin dengan mudah dapat menarik dan menjatuhkan file apapun hingga 2GB Explorer seperti melalui antar muka ke atau dari remote komputer dienkripsi siaga. Radmin mempunyai fitur yang digunakan ketika menyalin file yang memungkinkan memperbarui hanya merupakan bagian dari file yang berbeda di kedua mesin. Fitur ini disebut ” Delta Copy “ sejak hanya file perbedaan (delta) akan disalin. Memungkinkan operasi terus menyalin setelah kesalahan jaringan dari tempat terjadi kesalahan dan bukan dari awal.

  • Variabel Remote Screen

Jauh melihat modus layar penuh termasuk Screen, skala dan Windowed.Full-Screen Mode memungkinkan anda melihat layar jauh di seluruh layar tampilan.Skala Mode memungkinkan melihat skala jauh layar dalam sebuah jendela dengan ukuran yang ditetapkan pengguna. Radmin juga mendukung Resolusi Tinggi dan Beberapa modus monitor.

  • Multilingual

Radmin memiliki dukungan multi menggunakan bahasa per satu file sehingga tidak diperlukan untuk men-download dan re-install Radmin untuk setiap bahasa.

 

  • Multiple Connections Support

Radmin mendukung bersamaan beberapa sambungan ke layar yang sama jauh. Ini berarti dapat mengundang teman atau untuk melihat layar jarak jauh atau dapat melihat atau kontrol beberapa jauh dari komputer layar.

  • Free Technical Support E-mail

Famatech pasokan GRATIS dukungan teknis kami terdaftar pelanggan.Dapat menggunakan layanan onlinehelpdesk untuk mengirimkan pertanyaan teknis.Biasanya kita memecahkan masalah teknis dalam waktu 24 jam.Please, menggunakan bahasa Inggris ketika Famatech menghubungi dukungan teknis.

 

4.1.4    Manfaat Radmin

Radmin menggunakan protocol TCP/IP yang merupakan protocol paling banyak dan paling luas digunakan di dalam jaringan LAN, WAN dan Internet.Yang artinya dapat mengakses remote komputer anda dari manapun di seluruh dunia.Radmin dapat digunakan untuk :

  • Mengoperasikan komputer rumah kantor secara remote.
  • Menyediakan fungsi bantuan (helpdesk function) untuk para Remote User .
  • Mengelola dengan mudah jaringan rumah atau kantor secara remote.

Bagaimana Radmin bekerja, dapat melihat layar komputer yang diremote dalam tampilan layar monitor, dan seluruh sinyal pergerakan mouse dan keyboardakan ditransfer secara langsung ke komputer remote. Dapat menjalankan komputer remote seperti komputer biasa di depan. Dapat mengaksesnya secara remote computer yang sama dari berbagai tempat dan menggunakan file transfer lebih lanjut, teks dan voice chat, remote shutdown, Telnet dan berbagai fitur yang ditawarkannya.

 

4.1.5    Kelebihan Dan Kekurangan

Kelebihan dari RAdmin adalah sebagai berikut:

  • Dapat mengatur atau mengendalikan computer yang telah di installremote service dari jarak jauh.
  • Dapat memonitor komputer dari jarak jauh.
  • Dapat men-shut down dan merestart computer.
  • Dapat melakukan pertukaran data antara komputer.
  • Operator bisa memantau apa saja yang dilakukan para client saat online.\
  • Transfer file, dari server ke klient maupun sebaliknya tanpa menggunakan Flashdisk dan tidak perlu sharing-sharing folder.
  • Menghapus file dari klient
  • Bisa mengontrol seluruh perangkat pada client(Keyboard + mouse), ini memudahkan operator dalam men-setting komputer client yang bermasalah tanpa harus menuju ke tempat client tersebut.

Kekurangan dari RAmin adalah :

  • User akan terganggu
  • Remote administrator hanya bisa dilakukan pada satu jaringan (satu ring).
  • Remote administrator tidak bisa melanggar prefeksi.
  • Jika IP addressnya dari DHCPserver remote administrator tidak bisa dijalankan.
  • Remote administrator tidak bisa berjalan jika IP address berbeda (yang satu statis dan yang satunya lagi dinamis).

 

4.2      TCP VIEW

TCPVIEW adalah suatu free utility dari Sysinternals yang mempunyai kemampuan menampilkan IP address dan menampilkan program yang digunakan oleh orang lain untuk koneksi dengan komputer pemakai. TCPView adalah program Windows yang akan menunjukkan daftar rinci semua TCP dan UDP endpoints di sistem anda, termasuk alamat lokal dan remote dan negara koneksi TCP. Pada Windows Server 2008, Vista, dan XP, TCPView juga melaporkan nama proses yang memiliki endpoint. TCPView menyediakan subset lebih informatif dan mudah disajikan dari program Netstat yang kapal dengan Windows. The TCPView Download mencakup Tcpvcon, versi baris perintah dengan fungsi yang sama. menggunakan TCPView.

Ketika Anda mulai TCPView akan menghitung semua aktif TCP dan UDP endpoints, menyelesaikan semua alamat IP untuk versi nama domain mereka. Anda dapat menggunakan tombol toolbar atau menu item untuk mengubah tampilan nama diselesaikan. Pada sistem Windows XP, TCPView menunjukkan nama proses yang memiliki masing-masing endpoint.

Secara default, TCPView update setiap detik, tetapi Anda dapat menggunakan Pilihan | Refresh Rate item menu untuk mengubah tingkat. Endpoints yang mengubah negara dari satu update ke yang berikutnya akan disorot dalam kuning; mereka yang dihapus yang ditampilkan dalam warna merah, dan titik akhir baru disajikan dalam warna hijau.

Anda bisa menutup didirikan koneksi TCP / IP (yang diberi label dengan keadaan ESTABLISHED) dengan memilih File | Tutup Koneksi, atau dengan mengklik kanan pada koneksi dan memilih Tutup Koneksi dari menu konteks yang dihasilkan.

Gambar 5.7 Tampilan TCP View

Anda dapat menyimpan jendela output TCPView untuk file menggunakan item menu Save.

4.3   SSH

4.3.1    Sejarah SSH

Tahun 1995 SSH di ciptakan oleh (Tatu Ylönen) seorang peneliti di Helsinki University of Technology, Finlandia.karena didorong oleh peristiwa serangan pembongkaran sandi di jaringan universitas (disebut SSH-1).

Pada bulan Juli 1995, Ylönen merilis SSH sebagai freeware.Menjelang akhir 1995, basis pengguna SSH telah tumbuh hingga 20.000 pengguna di lima puluh negara.

Pada bulan Desember 1995, Ylönen mendirikan SSH Communications Security untuk memasarkan dan mengembangkan SSH.

Pada tahun 1996, dirancang, SSH-2 .Keamanan yang lebih baik.Diperkirakan, sejak tahun 2000, terdapat lebih dari 2.000.000 pengguna SSH.

Pada tahun 2005, SSH adalah satu-satunya aplikasi ssh yang paling populer.

4.3.2    Pengertian SSH

  • SSH (Secure Shell Hosting) adalah protokol atau aplikasi yang memungkinkan pertukaran data antara dua perangkat jaringan yang lebih aman dibandingkan dengan telnet, rsh dan rlogin. SSH banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell. SSH pertama kali dikembangkan oleh openBSD project dan kemudian versi rilis p (port) di manage oleh team porting ke sistem operasi lainnya, temasuk Linux. Dengan ssh semua percakapan antara server dan klien di enkripsi, artinya apabila percakapan tersebut disadap, penyadap tidak akan memahami isinya.
  • SSH (Secure Socket Shell) (bukan SHSH) atau yang sering disebut Secure shell adalah protokol jaringan berbasis UNIX yang memungkinkan kita untuk mengakses sebuah komputer (remote) melalui jaringan secara aman. Dikarenakan SSH menggunakan jaringan yang dienkripsi, maka SSH ini banyak digunakan oleh seorang admin jaringan untuk mengontrol sebuah server web atau sebuah komputer dari jauh (remote).
  • Secure Shell atau SSH merupakan protokol network yang memungkinkan pengguna untuk membuka jendela akses pada komputer lokal dan terhubung ke komputer remote/server, sehingga pengontrol seperti berada di depan server target. Dengan demikian SSH menyediakan koneksi aman dari black hacker untuk transfer data antar 2 komputer
  • SSH merupakan paket program yang digunakan sebagai pengganti yang aman untuk rlogin, rsh dan rcp. Ia menggunakan public-key cryptography untuk mengenkripsi komunikasi antara dua host, demikian pula untuk autentikasi pemakai. Ia dapat digunakan untuk login secara aman ke remote host atau menyalin data antar host, sementara mencegah man-in-themiddle attacks (pembajakan sesi) dan DNS spoofing atau dapat dikatakan Secure Shell adalah program yang melakukan loging terhadap komputer lain dalam jaringan, mengeksekusi perintah lewat mesin secara remote, dan memindahkan file dari satu mesin ke mesin lainnya.
  • SSH dirancang untuk menggantikan protokol telnet dan FTP.
  • Adapun SSH merupakan produk serbaguna yang dirancang untuk melakukan banyak hal, yang kebanyakan berupa penciptaan tunnel antar host. Beberapa implementasi SSH tergantung pada SSL libraris karena SSH dan SSL menggunakan banyak menggunakan algoritma enkripsi yang sama (misalnya TripleDES(Pengembangan dari DES oleh IBM). ), Algoritma enkripsi lain yang didukung oleh SSH di antaranya BlowFish (BRUCE SCHNEIER), IDEA (The International Data Encryption Algorithm), dan RSA (The Rivest-Shamir-Adelman).
  • Secure Shell dapat digunakan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, MAC, BSD dan bahkan Anda dapat menggunakan protokol SSH di Iphone, BlackBerry, Android, IPad, Tabs, dll. Otentikasi proses SSH sangat kuat seperti penggunaan kriptografi publik key SSH untuk mengotentikasi komputer remote dan sebaliknya.
  • SSH dapat digunakan untuk beberapa tujuan seperti Tunneling, port forwarding dan koneksi. Versi utama SSH adalah sebagai berikut:

4.3.3       Kegunaan SSH

SSH1 atau SSH-1

SSH2 atau SSH-2

4.3.4    Artektur SSH

SSH-2 protokol memiliki arsitektur internal pada lapisan terpisah dengan baik. Yaitu:

  • Lapisan transportasi (RFC 4253). Lapisan ini menangani pertukaran kunci awal dan server otentikasi dan set up enkripsi, kompresi dan integritas verifikasi. Lapisan otentikasi pengguna (RFC 4252). Lapisan ini menangani otentikasi klien dan menyediakan sejumlah metode otentikasi. Lapisan koneksi. Lapisan ini mendefinisikan konsep kanal, kanal permintaan dan permintaan global menggunakan layanan yang disediakan SSH. SSHFP DNS record (RFC 4255) menyediakan sidik jari kunci publik untuk membantu memverifikasi keaslian host.
  • Sejak SSH memiliki kelemahan desain yang melekat dan membuatnya rentan (misalnya, terhadap serangan man-in-the-middle). Dalam semua versi SSH, penting untuk memverifikasi kunci publik sebelum menerimanya secara valid. Menerima seorang kunci publik atttacker sebagai kunci publik yang valid memiliki efek membuka password yang ditransmisikan dan memungkinkan serangan man in-the-middle.

4.3.5    Cara Kerja SSH

Misalkan suatu client mencoba mengakses suatu linux server melalui SSH. SH daemon yang berjalan baik pada linux server maupun SSH client telah mempunyai pasangan public/private key yang masing-masing menjadi identitas SSH bagi keduanya.

Langkah-langkah koneksinya adalah sebagai berikut :

Langkah 1

Client bind pada local port nomor besar dan melakukan koneksi ke port 22 pada server.

Langkah 2

Client dan server setuju untuk menggunakan sesi SSH tertentu.Hal ini penting karena SSH v.1 dan v.2 tidak kompatibel.

Langkah 3

Client meminta public key dan host key milik server.

Langkah 4

Client dan server menyetujui algoritma enkripsi yang akan dipakai (misalnya TripleDES atau IDEA).

Langkah 5

Client membentuk suatu session key yang didapat dari client dan mengenkripsinya menggunakan public key milik server.

Langkah 6

Server men-decrypt session ky yang didapat dari client, meng-re-encrypt-nya dengan public key milik client, dan mengirimkannya kembali ke client untuk verivikasi.

Langkah 7

Pemakai mengotentikasi dirinya ke server di dalam aliran data terenkripsi dalam session key tersebut.

Sampai disini koneksi telah terbentuk, dan client dapat selanjutnya bekerja secara interaktif pada server atau mentransfer file ke atau dari server. Langkah ketujuh diatas dapat dilaksanakan dengan berbagai cara (username/password, kerberos, RSA dan lain-lain)

4.3.6    Implementasi SSH

Implementasi SSH terlihat dalam produk-produk berikut :

  • FreeSSH
  • OpenSSH (Unix, Windows)
  • LSH (unix)
  • PuTTY (Windows)
  • Okhapkin s port of SSH1(windows)
  • MacSSH (Macintosh)
  • TeraTerm (windows)
  • NitfyTelnet 1.1 SSH (Machintosh)
  • Commercial SSH
  • SSH communication Security (unix, windows)
  • F-Secure SSH (unix,Windows)
  • Secure CRT, SecureFX (windows)
  • Vshell (Windows)

4.3.7    Metode Enskripsi

SSH menggunakan etode public-key cryptography untuk mengenskripsi komunikasi antara dua host, demikian pula untuk autentikasi pemakai. Dengan metode ini, kita akan memerlukan 2 buah kunci berbeda yang digunakan baik untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. Dua buah kunci tersebut masing-masing disebut public key (dipublikasikan ke public/ orang lain) dan private key (dirahasiakan/ hanya pemiliknya yang tahu). Masing-masing kunci di atas dapat digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi.

SSH dapat digunakan untuk login secara aman ke remote host atau menyalin data antar ghost, sementara mencegah man-in-themiddle attacks (pembajakan sesi) dan DNS spoofing atau dapat dikatakan secure shell adalah program yang melakukan loging terhadap komputer lain dalam jaringan, mengeksekusi perintah lewat mesin secara remote, dan memindahkan file dari satu mesin ke mesin lainnya. SSH merupakan produk serbaguna yang dirancang untuk melakukan banyak hal, yang kebanyakan berupa penciptaan tunnel antar host.

4.4  PUTTY

4.4.1    Pengertian

Gambar 5.8 Icon Putty

PuTTY adalah aplikasi gratis dan sebuah aplikasi open source terminal emulator yang dapat bertindak sebagai klien untuk rlogin SSH, Telnet, dan protokol TCP. Aplikasi ini sangat berguna bagi network administrator ketika ingin meremote komputer lain. Nama “Putty” tidak memiliki arti yang masih belum pasti, meskipun kata ‘tty’ adalah nama untuk sebuah terminal dalam sistem operasi Unix. Aplikasi Putty awalnya ditulis untuk Microsoft Windows, tetapi telah berkembang ke berbagai sistem operasi lain. Aplikasi Putty gratis ini dibangun pada awal tahun 1999, dan telah digunakan menjadi klien SSH-2 sejak Oktober 2000.

Definisi sederhana fungsi aplikasi PuTTY adalah anda menjalankan PuTTY pada OS Windows, dan dapat digunakan untuk menyambung ke (misalnya) mesin Unix. Aplikasi Putty membuka Window. Lalu, apa saja yang diketik dalam jendela yang dikirim langsung ke mesin Unix, dan segala sesuatu respon dari OS Unix akan dikirim kembali ditampilkan di jendela anda. Sehingga Anda dapat bekerja pada mesin Unix seolah-olah anda sedang berada di console, sementara sebenarnya tidak.

Sebelum versi 0,58, tiga rilis berturut-turut (0,55-0,57) dibuat untuk memperbaiki lubang keamanan aplikasi PuTTY yang signifikan pada versi sebelumnya, beberapa bug aplikasi PuTTY diantaranya bahkan memungkinkan klien masuk ke server tanpa otentifikasi terlebih dahulu. Versi 0,58, dirilis pada bulan April 2005, berisi beberapa fitur baru, termasuk dukungan Unicode yang lebih baik.

Dengan Putty, maka memungkinkan kita untuk dapat menerima data dari komputer server yang lain. Program ini ditemukan pada Oktober 2000 oleh Simon Tatham.Aplikasi ini dapat anda gunakan kapan saja, tanpa jaringan internet atau offline. Dengan kata lain, cara menggunakan Putty ini terbilang sederhana dan “tidak aneh-aneh”, manfaatnya yaitu kita dapat menerima data dari komputer lain PUTTY adalah aplikasi yang bertindak sebagai klien untuk menerima data,mengirim data, dan untuk meremote komputer dengan terhubungnya menggunakan Port SSH dan sebagainya Aplikasi PUTTY digunakan ketika anda ingin mentransfer sebuah data dari komputer 1 ke komputer lain

Gambar 5.9 Contoh remote PC dan server

4.4.2       Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari aplikasi Putty ini adalah putty dapat melakukan all remote namun kekurangannya adalah kurang fitur-fitur yang menarik dan penggunaannya pun sangat sulit bagi orang awam.

5 add-on PUTTY yang sering digunakan

  • PuTTY Connection Manager

PuTTYCM memiliki fitur untuk menyimpan sessian yang terdapat pada putty.Kita dapat menampilkan semua session yang ada pada session tab.  Ketika kita pertama kalinya menjalankan PuTTYCM, anda akan diminta untuk menentukan lokasi dari File PuTTY.exe yang aslinya. Add-on ini membutuhkan Framework.NET 2.0 yang sudah terinstal pada komputer anda.

Dibawah ini adalah gambar ketika PuTTYCM digunakan.Sebelumnya saya sudah menyimpan 3 session untuk mengkonfigurasikan server yang ada, seperti list yang terlihat pada sebelah kanan dalam gambar.

Dengan menggunakan Add-On ini kita bisa sekaligus mengecek server yang kita miliki.

Gambar 5.10 Tampilan Putty Connection Manager

  • PuTTYtray

Jika anda menggunakan PuTTYtray, anda dapat me-minimize Jendela PuTTY ke system tray pada Windows. Secara default, original PuTTY menyimpan informasi session kedalam Windows Registry. Berarti akan susah untuk memindahkan session pada PuTTY dari satu komputer ke komputer lain. Tetapi jika anda menggunakan PuTTYtray, hal ini dapat dilakukan, anda tinggal mengkopikan file yang tersimpan didalam folder sessions.

Sebelumnya anda harus memilih radio button “Sessions from file” sebelum membuat session yang baru. Setelah itu, barulah folder session akan tercipta, didalamnya terdapat file yang bisa kita kopikan ke komputer mana saja.

Gambar 5.11 Tampilan Putty Configuration

  • PuttyTabs

PuttyTabs akan menampilkan session pada PuTTY dengan tampilan tab yang melayang. Untuk memilih session, klik pada gambar komputer di sudut sebelah kiri dalam gambar. Nantinya akanmenampilkan session yang sudah pernah dilakukan.

Untuk menggunakan PuTTYTabs ini, langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi file putty yang asli. Untuk melakukannya, klik pada tulisan “PuttyTabs” pada bagian kiri atas aplikasi, kemudian pilih “Configurations..”, lalu browse letak file putty.exe disimpan.

PuttyTabs membutuhkan Framework.NET 2.0 untuk menjalankanya.

Gambar 5.12 Tampilan Putty tabs

  • PuTTY Command Sender

PuTTYCS memberikan kemudahan untuk melakukan konfigurasi pada banyak server hanya dengan memberikan satu perintah dari satu terminal. Ngerti nggak yaa ? Biar lebih jelas lagi maksud diatas, anda dapat mengirimkan perintah linux ke jendela putty yang sedang dijalankan pada saat yang sama. Sebagai contoh, kita memberikan perintah seperti dibawah ini :

View Code BASH

Pada tool PuTTYCS. Hasilnya anda bisa lihat sendiri, bawah pada semua jendela PuTTY yang sedang anda jalankan, akan melakukan perintah yang sama.

Gambar 5.13 Tampilan Putty Command Sender

  • PocketPuTTY             

PocketPuTTY hanya bisa digunakan pada PDA dengan System Operasi Windows Mobile 2003/5.0.Add-On ini khusus bagi admin yang ingin melakukan remote login ke server melalui PDA atau sejenisnya.

Gambar 5.14 Tampilan Pocket Putty

4.4.3          Cara penggunaan PuTTY

1)      Setelah PuTTY selesai di download selanjutnya bisa langsung kita gunakan:

Gambar 5.15 Icon Putty pada desktop

2)      Bentuk interface PuTTY adalah sebagai berikut:

 

Gambar 5.16 Interface Putty

 

Selanjutnya isi field Host Name (or IP Address) dengan IP Address dari server yg ingin kita remote, dan juga isi field Port dengan port yg sudah di setting pada server untuk koneksi SSH ( secara default port yg digunakan adalah 22).Lalu tekan ENTER atau klik Open.

3)      Selanjutnya kita akan diminta memasukan username (login as:) dan password:

 

Bila username dan password yg dimasukan benar maka akan muncul seperti gambar diatas. Sekarang kita sudah berada pada terminal konsol pada server dan sudah bisa meremote komputer server.

Untuk menggunakan aplikasi ini, anda harus bisa perintah-perintah dasar linux.Karena saat menggunakan PuTTy, hanya layar hitam dan putih saja yang ada(konsole).

4.4.4       Cara Meremote

Sebelum melakukan langkah di bawah port ssh di komp tujuan harus aktif dengan cara diaktifkan servicenya melalui terminal.

=>di fedora => service sshd start “untuk mengaktifkan por ssh”

=>chkconfig sshd on “servis aktif terus berjalan”

Jika untuk mengetahui sshd sudah terinstall belum ==>service sshd status, jika failed berarti belum terinstall dan harus iinstal dahulu opensshnya.

 

 

Software putty tidak memerlukan installasi putty versi ini langsung klik-klik saja akan muncul sebagai berikut:

 

Langkah awal menggunakannnya :

Gambar 5.17 Cara mengisi Host Name dan Port

Port 22 adalah SSH Secure Shell Port ini digunakan untuk port SSHSecure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell

Pada host name isikan komputer yang ada tuju atau alamat ip, pilih SSH, dan isi port dengan port 22 selanjutnya klik Open

Setelah kotak dialog putty muncul login berdasarkan user dan password server jika berhasil akan tampil seperti berikut

 

Komputer server telah berhasil di remote

 

4.5   Telnet

4.5.1     Teori

Saat ini manusia benar-benar berada dalam suatu masyarakat informasi.Pemindahan sejumlah informasi dari suatu tempat ke tempat lainnya dapat dilakukan dengan sangat cepat.Dari suatu perusahaan kecil ke perusahaan raksasa.Peneliti dari seluruh penjuru dunia mendapatkan dirinya bekerja dalam suatu lingkurangan jaringan. Secara langsung dapat mengakses keija dari rekan keija di tempat lain, suatu perpustakaan “virtual” yang memiliki jumlah ribuan volume paper dan buku. Sekelompok group dapat melaksanakan disktusi satu sama lainnya tanpa perlu berpindah lokasi fisis.

Kemampuan untuk “bercakap” dengan seseorang yang berada pada jarak jauh, mengirim tulisan pendek 2000 kata ke sekelompok kerja yang akan mengkritik dan memberikan umpan balik. Seluruhnya tak membutuhkan perjalanan fisis dari dokumen tersebut.

Permasalahan terbesar dari masyrakat yang menghadapi teknologi informasi ini adalah pada saat ketika pertama kali menggunakan sistem INTERNET.Mereka mencoba untuk menggapai seluruh yang tersedia. Terkadang pengguna musiman akan terkejut ketika mendapatkan suatu bentuk layanan baru dari jaringan. INTERNET bagaikan suatu rimba belantara informasi, sehingga harus dikenal jenis-jenis service yang tersedia agar dapat dimanfaatkan dengan efisien dan efektif.

Gambar 5.18 Mekanisme Client Server

4.5.2        Mekanisme Client Server

Sistem pelayanan informasi pada jaringan INTERNET, sebagian besar bekerja dengan konsep client-server. Jadi program client akan meminta server untuk melakukan suatu tugas , misal searching. Setelah server selesai, maka akan mengirimkan hasilnya ke client. Selurur mekanisme bekerja dengan tata cara pengiriman message. Dengan cara ini maka dapat dilakukan pendisitribusian proses secara efisien ke beberapa mesin yang berbeda.

Telnet adalah aplikasi remote login Internet. Telnet digunakan untuk login ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database. Telnet memungkinkan pengguna untuk duduk didepan komputer yang terkoneksi ke internet dan mengakses komputer lain yang juga terkoneksi ke internet. Dengan kata lain koneksi dapat teijadi ke mesin lain di satu ruangan, satu kampus, bahkan setiap komputer di seluruh dunia. Setelah terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol langsung ke remote computer tadi. Akan dapat diakses pelayanan apapun yang disediakan oleh remote machine dan hasilnya ditampilkan pada terminal lokal. Dapat dijalankan session interaktif normal (login, eksekusi command), atau dapat diakses berbagai service seperti: melihat catalog dari sebuah perpustakaan, akses ke teks dari USA today, dan masih banyak lagi service yang disediakan oleh masing-masing host pada di network.

 

4.5.3          Mekanisme Client Server pada Jaringan TCP/IP di Internet

TELNET menggunakan 2 program, yang satu adalah client (telnet) dan server (telnetd). Yang teijadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang dijalankan pada komputer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan oleh komputer yang menghasilkan pelayanan tadi

Gambar 5.19 Telnet client dan sever

 

4.5.4             Interaksi TELNET

Tugas dari client adalah:

  • Membuat koneksi network TCP (Transfer Control Protocol) dengan server.
  • Menerima inputan dari user
  • Menformat kembali inputan dari user kemudian mengubah dalam bentuk format Standard dan dikirim ke server.
  • Menerima output dari server dalam format Standard.
  • Mengubah format output tadi untuk ditampilkan pada layar.

Sedangkan tugas dari server adalah:

  • Menginformasikan Software jaringan bahwa komputer itu siap menerima koneksi.
  • Menunggu permintaan dalam bentuk format Standard.
  • Melaksanakan permintaan tersebut.
  • Mengirim kembali hasil ke client dalam bentuk format Standard.
  • Menunggu permintaan selanjutnya.

Gambar 5.20 Tugas Server dan client pada telnet

4.5.5          Koneksi mesin ketika terjadi TELNET

Telnet menggunakan koneksi pada Port Destination = 23. Untuk interaksi banyak mesin maka dapat digambarkan sebagai berikut:

Gambar 5.21Pola hubungan antara 3 mesin pada Jaringan TCP/IP

Ketika terjadi koneksi A-B

  • Pada mesin A Port yang digunakan adalah Source=350 Destination=23
  • Pada mesin B Port yang digunakan adalah Source=23 Destination=350

Ketika terjadi koneksi B-C

  • Pada mesin B Port yang digunakan adalah Source=400 Destinition=23
  • Pada mesin C Port yang digunakan adalah Source=23 Destinition=351

Ketika terjadi koneksi C-A Pada mesin A

  • Pada mesin A Port yang digunakan adalah Source=23 Destinition=23
  • Pada mesin B Port yang digunakan adalah Source=23 Destinition=400

 

Gambar 5.22Penggunaan Port untuk Server yang dituju oleh banyak pengguna

 

Telnet adalah program yang memungkinkan komputer host Internet anda menjadi terminal dari komputer host lain di Internet. Dengan ftp anda dapat membuka koneksi hanya untuk mentransfer file. Telnet memungkinkan anda untuk login sebagai pemakai pada komputer jarak jauh dan menjalankan program layanan Internet yang disediakan oleh komputer tersebut.

Telnet menyediakan akses langsung ke beragam layanan di Internet. Komputer host anda memang menyediakan beragam layanan, namun jika layanan tersebut tidak ada, anda bisa menggunakannya melalui Telnet. Misalnya ketika masyarakat Internet menulis interface untuk membantu pengguna lain, Telnet memungkinkan anda mengakses host mereka dan menggunakan interface yang mereka buat.

 

Demikian juga ketika seorang membuat layanan yang bermanfaat, Telnet memungkinkan anda mengakses sumber daya informasi yang berharga ini.

 

4.5.6       Cara pengunaan Telnet

Cara penggunaan Telnet ini sangat mudah, anda ketik telnet diikuti dengan alamat yang ingin anda hubungi bila menggunakan UNIX atau klik icon Telnet di Windows kemudian pilih menu connect kemudian remote system.

Telnet secara diam-diam ada di belakang layar saat anda berinteraksi dengan komputer jarak jauh tersebut. Dalam kebanyakan kasus, perintah yang perlu diketahui adalah perintah yang digunakan pada host jarak jauh. Host kemungkinan menjalankan Unix, meskipun anda juga dapat menjumpai sistem operasi lain pada server host seperti UMS atau Windows NT. Sebagian besar sistem, terutama database, menawarkan menu. Apabila menu tidak tersedia, maka lebih baik amati file bantu (help) yang tersedia. Dapat diketikan ?atau help atau cukup h untuk mengamati apakah file bantu tersedia. Untuk mengakhiri sesi Telnet ketik quit atau exit, pada beberapa sistem menggunakan bye atau off Bila menggunakan Windows tergantung program yang digunakan misal WinTel, tinggal click pada Icon program yang bersangkutan.

  1. Menggunakan Windows

Cara menjalankan Telnet di Windows

Untuk menggunakan telnet di Windows bisa dengan mengetikkan perintah telnet diikuti dengan ip address dari komputer server. Contoh:

telnet 192.168.3.1.

Atau cukup telnet saja, lalu ketik perintah open diikuti dengan ip address dari komputer server. Contoh:

telnet

open 192.168.3.1

Menjalankan Telnet di Windows

Masukkan username serta password yang valid

Cara Setting Telnet Server

  1. Login ke sistem Linux sebagai root
  2. Buatlah user baru untuk persiapak akses telnet server

# groupadd temanku

# useradd agus –g temanku

# passwd agus

# useradd budi –g temanku

# passwd budi

 

  1. Catatlah berapa nomer port yang digunakan oleh telnet

# cat /etc/services | grep telnet

 

       Apakah protokol yang digunakan oleh telnet ?

  1. Cek apakah program telnet server sudah terinstall atau belum. Jika sudah, langsung kerjakan langkah nomer 7.
  • Jalankan perintah rpm –qa | grep telnet, tulis hasilnya !
  • Dari hasil diatas ada berapa banyak program telnet yang terinstall ? Dan apakah dalam daftar sudah ada program telnet-server ?
  • Jalankan perintah rpm –qa | grep telnet-server , tulis hasilnya, jika kosong berarti belum ada telnet server yang terinstall
  1. Jika program telnet-server belum ada, installah dengan cara sbb.

Masukkan CD Rom Redhat dan ketiklah perintah berikut ini.

 

# mount  /dev/cdrom  /mnt/cdrom

# cd /mnt/cdrom

# ls –l

# cd RedHat

# ls –l

# cd RPMS

# ls –l telnet*

  1. Jika tidak ditemukan telnet-server-xxxx.rpm (xxx = nomer versi) gantilah dengan CD yang lain, jika ditemukan installah program tersebut dengan cara

# rpm –ivh telnet-server*.rpm

        

  1. Catatlah di direktori mana saja telnet program tersebut diinstall.

# rpm –ql telnet-server

 

Catatlah :

  • Direktori yang berisi executable file untuk program telnet
  • Nama file konfigurasi

:___________________________________

  • Direktori yang menyimpan manual dan dokumentasi kedua program tersebut.
  1. Menghapus rule firewall

Redhat Linux versi 8 atau yang lebih baru, akan mengaktifkan firewall secara default sehingga semua akses dari luar akan ditolak. Untuk kepentingan percobaan ini, ada baiknya untuk sementar semua rule firewall dihapus.

 

Gunakan perintah :

# iptables -F

 

Uji coba dari localhost

Untuk menguji coba apakah telnet & ftp server sudah berjalan dengan baik atau tidak jalankan perintah sbb. :

# telnet localhost

Jika terdapat pesan sbb.berarti kedua service tersebut belum berhasil.

# telnet localhost

Trying 127.0.0.1…

telnet : unable to connect to remote host

Connection Refused 

Jika tidak berhasil kemungkinan  sbb :

  1. Service telnet masih didisable, edit file berikut ini (jalankan perintah berikut)

# vi  /etc/xinetd.d/telnet

pada baris disable = yes diganti disable = no

selanjutnya restart xinetd dengan perintah  :

# /etc/init.d/xined restart

  1. Port yang dipakai telnet dipakai yang lain, jalankan perintah berikut :

#  /etc/init.d/sendmail stop

 

Jika proses instalasi berhasil akan ada pesan sbb.

# telnet localhost

Red Hat Linux release 9 (Shrike)

login: student

Password: ****** 

 

        Telnet  dari komputer client ke server

Berikan teman anda informasi tentang IP PC anda, username danpassword untuk login ke komputer anda (berikan user dan password yang anda buat pada langkah 2).Misalkan PC anda mempunyai IP 10.252.108.100, maka dari PC teman anda lakukan perintah sbb.

# ping 10.252.108.100   —- cek konektivitas

# telnet 10.252.108.100

$ username : agus

$ passwd : ********

$ hostname              —- catat hostnamenya

$ whoami               

$ pwd                   —- catat home direktorinya

$ finger                —- catat siapa saja yang login

$ finger> dataku       —- cek : boleh write ?

$ hostname > namapc

$ pwd

$ exit                  —- kembali ke PC client

Untuk melakukan ftp ke PC anda dari PC rekan anda, gunakan perintah .

# ping 10.252.108.100   —- cek konektivitas

# telnet 10.252.108.100

$ username : budi

$ passwd : ********

         Amatilah proses-proses yang terjadi di PC anda (server)

Ajaklah rekan anda untuk telnet  ke PC anda, dan amati dengan perintah :

# finger                   — amati hasilnya

# netstat

# netstat –a |grep telnet  — amati hasilnya

# cat /var/log/secure

 

4.6         FTP (File Transfer Protocol)

4.6.1          Pengertian FTP

FTP merupakansingkatandari File Transfer Protocol. FTP terdiridarisebuah client dansebuah server yang merupakanaplikasi yang memberikanakses /pertukaran transfer data antaraduakomputer( clientdan server ). Transfer yang file/ data inidapatteradiantarakomputer yang berbentuk mainframe dan  sebuahkomputerdijaringanlokal. Atau transfer data dapatterjadidarikomputerkitake server FTP melalui internet. FTP merupakanaplikasi yang sangatberguna( powerful) karenaaplikasiinimenyediakanakseskepadapengunjungatau user untukmengakses data yang tersimpanpada server tersebut, dandapatdiaksesolehsejumlahbesarkomputersecarabersamaan.Bentukdasardari ftp adalah :ftp://host.domain

4.6.2          Macam – Macam FTP

  1. Anonymous FTP

Istilah dari bahasa inggris yang berarti anonym atau tanpa nama. Tanpa nama, tidak diketahui namanya. Identitas yang digunakan untuk mengakses informasi kesuatu sever terutama untuk pemakai umum. Kadang istilah ini juga diartikan sebagai seorang yang menggunakan nama palsu atau mengisi data palsu.

Kadang kala disingkat dengan istilah anonymous FTP adalah suatu cara yang memungkinkan user dalam menjangkau dokumen, file, program, dan data lainnya dimanapun yang tersimpan di internet, tanpa perlu memasukkan nama login password.

  • Anonymous FTP Singkatan dari Anonymous file transfer protocol. Situs:site FTP yang dapat di akses
  • Anonymous-only logons, memperbolehkan akses remote dengan menggunakan account IUSR computername
  • File transfer protocol, protocol standar untuk kegiatan lalu-lintas file antara dua computer.

 

  1. Trivial File Transfer protocol

Disingkat dengan TFTP. File transferprotocol yang cukup sederhana dan tidak terlalu aman digunakan khususnya untuk melakukan transfer data yang bersifat rahasia. Proses transfer datanya dilakukan dengan menggunakan User Datagram Protokol. TFTP ini mirip dengan file transfer protocol, bedanya adalah dalam hal protocol transport yang lebih digunakan.

 

  1. FTP client

Perangkatyang digunakan untuk melakukan transfer file dalam lingkungan internet menggunakan standar dari FTP. Proses transfer file dalam lingkungan internet hampir sama seperti proses transfer dalam lingkungan Dos, hanya saja terdapat kelebihan. Macam-macam FTP Client: ftp clien under windows, cute ftp, WS-FTP, ger right, GO!zilla, coffie cup, dll.

 

  1. FTP server

Komputer server yang memberikan akses FTP ke intranet maupun internet. Macam-macam software pembangun FTP server: FTPd, pro-FTPd, Wu-FTPd, ftpX,Troll-FTPD, dll.

Ada 2macam FTPberdasarkanhakaksesnya :

  1. FTP User

FTP user artinya ftp yang dapatdiaksesdanmemilikipermisihanyadibatasihanyauntuk user tertentu. Karena ftp user disertakansuatuautentifikasibilakitaakanmengakseskedalamnya.

Format dari FTP user adalah :

ftp://user@host.domain

  1. FTP Anonymous

FTP anonymous artinya, FTP yang disediakansecara anonymous/ tanpanama, dengankata lain FTP tersebutdapatdiaksesolehsiapapundanbiasanyatanpa password, ataupunbiladiminta password,.Biasanya server memintaalamat email kitasebagai password nyauntukferivikasi.

Contohnya :

ftp://unila.ac.id

ftp://ftp5.freebsd.org

ftp://ftp.tucows.com

4.6.3          Cara Kerja FTP

Gambar 5.23 Cara kerja FTP

  • FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai.
  • Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan “mendengarkan” percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk

(1)    membuat sebuah koneksi antara klien dan server,

(2)    untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga

(3)    mengembalikan respons server ke perintah tersebut.

  • Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
  • FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi.
  • Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki.
  • Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas.

4.6.4          Perintah dalam melakukan proses FTP

Beberapa perintah yang sering dan sangat diperlukan oleh user dalam melakukan proses FTP adalah seperti dibawah ini:

  • Open: memulai ftp dan mengkoneksikan ftp ke server
  • Nlist, dir, ls: daftar dari file yang ada dalam ftp server
  • Cd: berpindah direktori secara hakiki pada direktori ftp server
  • Lls, lcd, lpwd perintah yang digunakan untuk memberikan informasi kepada kita di direktori aktif mana kita berada pada computer local.
  • Get: perintah ini digunakan jika kita ingin mengambil file dari ft-server ke computer local
  • Put: perintah ini digunakan untuk menaruh data ke ftp-server, dari computer kita ke computer server
  • Mput/mget: digunakan untuk mengambil dan menaruh beb erapa data secara langsung
  • Ascii/binary: melakukan transfer data dalam bentuk format file ascii atau secara binary
  • Quit: mengakhiri dan memutuskan hubungan ftp dari computer kita ke computer server

4.6.5          Aplikasi FTP

Aplikasi-aplikasi ftp client free dan open source yang dapat di jalankan di sistem operasi windows adalah sebagai berikut :

1. FileZilla

Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Linux, *BSD, Mac OS X. Aplikasi ini support untuk FTP, FTP over SSL/TLS (FTPS) dan SSH File Transfer Protocol (SFTP). Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi homepagenya FileZilla

 

Gambar 5.24 Tampilan filezilla

2. WinSCP

Gambar 5.25 Tampilan WinSCP

Aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows. Aplikasi ini support untuk FTP, FTP over SSL/TLS (FTPS) dan SSH File Transfer Protocol (SFTP), aplikasi ini juga mengintegrasikan teks editor. Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi homepagenya WinSCP.

Sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi FTP Client yang ada, namun kebanyakan mereka hanya memberi fitur yang terbatas saat kita mendownload secara gratis, untuk mendapatkan fitur yang lebih komplit, kita diharuskan untuk membayarnya.  Kalau ada yang benar-benar gratis serta powerfull, kenapa harus membayar??

 

4.6.6          Cara Akses FTP Server Lewat Command Prompt

Windows command prompt memungkinkan untuk mengakses server menggunakan FTP melalui perintah FTP. Segera setelah anda membuat sambungan ke server, anda dapat mentransfer file dari PC anda dan juga dapat men-downloadnya, hanya dengan menggunakan perintah saja. Saya juga akan daftar beberapa perintah FTP yang akan membantu anda seluruhnya..

Akses FTP Server menggunakan Command Prompt

Berikut langkah-langkah yang akan saya tunjukkan bagaimana menggunakan FTP dari Command Prompt:

Langkah 1: mulai perintah prompt dan pindah ke direktori dimana tempat semua file anda berada. Karena ini adalah tempat dari mana anda dapat memindahkan file anda ke server dan men-downloadnya di folder yang sama.

Langkah 2 : Masukkan perintah

ftp domainname (nama domain)

Contoh: ftp azharftp.clanteam.com

Langkah 3 : Masukkan username ketika ditanya, diikuti dengan password.

Langkah 4 : Anda dapat melihat koneksi yang sedang didirikan. Sekarang Anda diijinkan untuk melakukan tindakan pada file Anda pada memutuskan itu.

Ini adalah perintah FTP:

Untuk mendapatkan daftar lengkap dari perintah FTP, anda dapat menggunakan “Help”. Perintah ini tidak memerlukan koneksi ke Remote System..

  • Help: Meminta daftar semua perintah FTP yang tersedia.
  • ascii: untuk mengaktifkan mode ascii.
  • status: untuk menampilkan bagaimana sesi FTP saat ini dikonfigurasi.
  • prompt: untuk mengaktifkan / menonaktifkan mode interaktif.
  • ls: daftar direktori setara dengan dir.
  • ls-l: direktori daftar panjang, terinci.
  • pwd: Menampilkan nama direktori saat ini
  • cd: direktori Ubah.
  • lcd: mengubah direktori sekarang lokal.
  • get: men-download file dari server FTP.
  • put: upload file ke server pada pada suatu waktu.
  • mget: download beberapa file dari server FTP.
  • mput: meng-upload beberapa file ke server FTP.
  • binery: Untuk mengaktifkan mode biner.
  • delete: menghapus file di server FTP.
  • mkdir: membuat direktori pada server FTP.
  • ascii: Mengatur mode transfer file ke ASCII (Catatan: ini adalah mode default untuk FTP program yang paling).
  • quit/close/bye/disconnect: putuskan dari server FTP.

! : Mendahului perintah dengan tanda seru akan menyebabkan perintah untuk mengeksekusi di sistem lokal, bukan remote system.

 

Meng-upload file ke server

Untuk meng-upload file masukkan perintah:

menempatkan nama file

Sekarang anda dapat melihat file upload dengan memasukkan URL…

4.6.7          Kelebihan dan kekurangan FTP

Adapun kelemahan dan kelebihan dari FTP adalah sebagai berikut:

  • Kelebihan dari FTP
    1. FTP dapat Mempermudah dalam mengunggah data
    2. FTP dapat mentransfer data
    3. Pada FTP online terdapat fasilitas untuk mengupload data ke server dalam jumlah banyak sekaligus jadi tidak satu persatu
    4. Pada FTP dapat melayani tukar-menukar file
    5. FTP merupakan Versi paling gres juga dilengkapi dengan seperangkat program audit dan penanganan aount
  • Kelemahan dari FTP
  1. FTP tidak aman dalam mentransfer suatu file karna file dirim tanpa di-enkripsi terlebh dahulu.
  2. Keamanan dan kemudahan penggunaan seringkali berbentrokan danmenjadi dilema para administrator sistem dimana-mana.
  3. FTP desainnya mash lemah sehngga mengakibatkan tidak terinformasinya para administrator sistem mengenai resiko yang mereka hadapi.

 

 

RANGKUMAN

  • Network sentral dari suatu lokasi. Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satu tempat, lewat kabel telepon, terhubung ke suatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan.
  • Salah satu alasan mengapa teknologi remote access menjadi salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat adalah pertumbuhan jumlah komputer notebook dengan kemampuan tinggi yang luar biasa. Trend ini memungkinkan kemampuan orang-orang yang lebih banyak berada di luar untuk akses ke jaringan (network) utama.
  • Metode – metode Remote Access
  1. Terminal Server
  2. Aplikasi khusus
  3. Remote control.
  4. Server remote control
  5. Session remote control (session kendali jauh).
  6. Remote node
  7. Pendekatan integrasi
  • Radmin (Remote Administrator) adalah sebuah aplikasi remote control dan remote access yang memudahkan anda untuk meremote komputer secara real time seperti layaknya berhadapan dengan komputer menggunakan keyboard dan mouse komputer tersebut dan anda dapat mengaksesnya dari banyak tempat.
  • TCPVIEW adalah suatu free utility dari Sysinternals yang mempunyai kemampuan menampilkan IP address dan menampilkan program yang digunakan oleh orang lain untuk koneksi dengan komputer pemakai.
  • SSH (Secure Shell Hosting) adalah protokol atau aplikasi yang memungkinkan pertukaran data antara dua perangkat jaringan yang lebih aman dibandingkan dengan telnet, rsh dan rlogin. SSH banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell.
  • PuTTY adalah aplikasi gratis dan sebuah aplikasi open source terminal emulator yang dapat bertindak sebagai klien untuk rlogin SSH, Telnet, dan protokol TCP. Aplikasi ini sangat berguna bagi network administrator ketika ingin meremote komputer lain. Nama “Putty” tidak memiliki arti yang masih belum pasti, meskipun kata ‘tty’ adalah nama untuk sebuah terminal dalam sistem operasi Unix.
  • Telnet adalah aplikasi remote login Internet. Telnet digunakan untuk login ke komputer lain di Internet dan mengakses berbagai macam pelayanan umum, termasuk katalog perpustakaan dan berbagai macam database.
  • FTP merupakansingkatandari File Transfer Protocol. FTP terdiridarisebuah client dansebuah server yang merupakanaplikasi yang memberikanakses /pertukaran transfer data antaraduakomputer( clientdan server ).

 

 

 

DAFTAR PERTANYAAN DAN JAWABAN

  1. Jelaskan engertian Remote Access !

Jawab :

Remote Access adalah merupakan sistem yang bisa digunakan dalam pengendalian suatu manajemen jaringan, dimana administrator dapat dengan mudah mengontrol dan mengawasi kmpoter client, berinteraksi dengan user, backup data, atau aktifitas lainnya.

  1. Jelaskan secara singkat sejarah Remote Access !

Jawab :

  • Pertengahaan 1980-an ketika PC mulai populer beberapa sistem komputer mulai berpindah dari model sebuah mainframe dengan banyak terminal.
  • Awal tahun 1990-aan, perusahaan-perusahaan yang mempunyai kantor pada lokasi terpisah, mulai memikirkan cara lain untuk pertukaran informasi. Ditambah dengan ukuran PC yang semakin kecil dan konsep PC yang mobil.
  1. Sebutkan beberapa kegunaan Remote Access !

Jawab :

–          Mengendalikan komputer lain dari lokasi Remote

–          Mematikan komputer dari jarak jauh

–          Menghidupkan ulang komputer dari jarak jauh

–          Memodifikasi setting registry komputer lain dari jarak jauh

–          Mengawasi penggunaan komputer lain dari jarak jauh

–          Membantu pengguna lain memecahkan masalah Pcnya dari jarak jauh

–          Mengawasi penggunaan komputer berjalan / internet dari jarak jauh

–          Maintenance komputer dari jarak jauh

–          Sharing Resource dari jarak jauh

  1. Sebutkan industri-industri yang membutuhkan remote access !

Jawab :

  • perusahaan telekomunikasi
  • bisnis pelayanan
  • real estate
  • keamanan finansial
  • arsitektur
  • akuntansi
  • medis meliputi rumah sakit dan sistem informasi medis
  • perusahaan pengiriman dan pengangkutan
  • perusahaan asuransi
  • provider internet
  1. Sebutkan metode – metode Remote Access

Jawab :

  1. Terminal Server
  2. Aplikasi khusus
  3. Remote control.
  4. Server remote control
  5. Session remote control (session kendali jauh).
  6. Remote node
  7. Pendekatan integrasi
  8. Jelaskan pengertian Radmin

Jawab :

Remote Administrator atau yang biasa disebut Radmin adalah sebuah software yang digunakan dalam jaringan untuk memantau, mengontrol, dan mengendalikan semua aktifitas dalam jaringan tersebut.

  1. Bagaimana remote komputer via internet dengan radmin

Jawab :

Langkahnya yaitu:

  1. Install aplikasi Radmin server pada komputer yang akan diremote – jalankan program Radmin 3.1 server (rserv31) – Klik next, klik accept, klik install-finish
  2. Jika sudah selesai lanjutkan dengan konfigurasi – klik permissions-pilih Radmin security-klik permission – klik add user, masukkan user name dan password yang anda inginkan – klik Allow pada All Access,klik OK, OK, Klik Exit
  3. Konfigurasi firewall diPC tersebut – klik Start – Settings – Control Panel, windows firewall – tab exception, klik add port – pada kotak name masukkan “Radmin” (tanpa tanda kutip) – pada kotak port number dengan “4899″, (tanpa tanda kutip), klik Ok – jika program radmin sudah masuk di list exception klik Ok
  4. Install aplikasi Radmin viewer di PC yang akan meremote – jalankan file radmin viewer (rview31) – klik tomobil Add New Connection – masukkan nama PC yang anda inginkan dan isi juga IP address pc tersebut, OK – lalu double klik pada pc yang ingin dikendalikan.
  5. PC sudah bisa dikendalikan – jalankan program Radmin viewer – double click pada gambar PC yang ingin anda kendalikan. – Masukkan username dan password yang telah dibuat – komputer sudah bisa di remote.

 

  1. Sebutkan Klasifikasi dari Radmin!

Jawab :

  • Viewer module (Radmin Viewer) :Radmin Viewer perlu diinstal dalam computer local.
  • Server module (Radmin Server) :Radmin Server perlu diinstal dalam remote computer.
  1. Bagaimana cara kita mengatur ftp supaya dapat digunakan?

Jawab:

explorer file ke sebuah server melalui protokol ftp.

  1. server mana yg mau dimasuki
  2. tahu domain atau ip, user n pass, atau guest
  3. set di program ftp client; ip, user, pass
  4. connect
  5. explore file.
  1. Jelaskan cara kerja TCP View !

Jawab :

TCPView akan menghitung semua aktif TCP dan UDP endpoints, menyelesaikan semua alamat IP untuk versi nama domain mereka. Anda dapat menggunakan tombol toolbar atau menu item untuk mengubah tampilan. Secara default, TCPView meng-update data setiap detik.

  1. Apakah ftp tidak bisa pada jaringan wireless ?

Jawab :

Tentu bisa, tidak ada yang membatasi hanya saja kemungkinan jaringan wireless yang anda gunakan tidak mengijinkan penggunanya mengakses situs ftp
karena pada umumnya situs ftp berisi file yang cukup besar ukurannya, sehingga jika anda melakukan aktifitas download, dikhawatirkan mengganggu pengguna jaringan wireless lainnya. Bisa dengan wireless maupun dengan kabel cuma beda media saja.

  1. Jelaskan secara singkat sejarah SSH?

Jawab :

Tahun 1995 SSH di ciptakan oleh (Tatu Ylönen) seorang peneliti di Helsinki University of Technology, Finlandia.karena didorong oleh peristiwa serangan pembongkaran sandi di jaringan universitas (disebut SSH-1)

 

 

  1. Cara remote komputer linux dengan ssh?

Jawab :

  1. Pastikan ssh server sudah terinstall pada server anda, jika belum terinstal anda bisa menggunakan command ini untuk menginstall nya : apt-get install ssh
  2. Setelah terinstall pada server anda, biasa ssh akan otomatis aktif, jika belum aktif maka anda bisa menggunakan command ini untuk mengaktifkan ssh nya : /etc/init.d/ssh start
  3. Jika ssh server sudah terinstall dan aktif, anda bisa meremote komputer server anda.
  4. Untuk meremote dari komputer client ketik command berikut :ssh [username]@[ip], gunakan username dan ip komputer server anda.
  5. kemudian ketik yes untuk melanjutkan dam masukan password komputer server anda.  Jika masuk ke konsole berarti anda telah berhasil meremote komputer server anda…. HORE HORE HORE.
  6. kalo belum berhasil coba lagi step by step di atas dan jangan menyerah…
  7. Apa definisi sederhana dan mudah dimengerti dari PUTTY?
    Jawab:

PUTTY adalah software remote console atau terminal yang digunakan untuk meremote komuter dengan terhubungnya menggunakan Port SSH dan sebagainya

  1. Mengapa PUTTY bertindak sebgai klien untuk SSH?
    Jawab :

PUTTY bertindak sebagai klien untuk SSH karena PUTTY adalah aplikasi yang bertindak sebgai klien.

  1. Sebutkan kelebihan dan kekurangan PUTTY

Jawab :

  • Kelebihan dari aplikasi Putty ini adalah putty dapat melakukan all remote
  • Kekurangannya adalah kurang fitur-fitur yang menarik dan penggunaannya pun sangat sulit bagi orang awam
  1. Bagaimana test Koneksi FTP dengan Telnet di Port 21?

Jawab :

Lakukanlah test Port FTP menggunakan telnet. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke Dos Prompt / Command Prompt
  1. Ketik “telnet nama-domain-anda.com 21″ tanpa tanda petik dan kemudian tekan enter
  2. Jika port FTP terkoneksi suksess maka pesan yang tampil adalah sebagai berikut

220———- Welcome to Pure-FTPd [privsep] [TLS] ———-

220-You are user number 3 of 50 allowed.

220-Local time is now 09:19. Server port: 21.

220-IPv6 connections are also welcome on this server.

220 You will be disconnected after 15 minutes of inactivity.

quit

221-Goodbye. You uploaded 0 and downloaded 0 kbytes.

221  Logout.

  1. Selesai
  2. Apakah perbedaan Telnet dan SSH ?

Jawab :

Disini dapat dilihat bahwa SSH memberikan alternatife yang secure terhadap remote session tradisional dan file transfer protocol seperti Telnet dan relogin. Protokol SSH mendukung otentikasi terhadap remote host, yang dengan demikian meminimalkan ancaman pemalsuan identitas client lewat IP address spoofing maupun manipulasi DNS.Aplikasi seperti Telnet tidak menggunakan enkripsi sedangkan SSH dilengkapi dengan enkripsi.

Sebab itulah SSH (Secure Shell) dapat memberi keamanan yang lebih daripada Telnet atau rlogin.Banyak yang menggunakan Telnet sebagai aplikasi jaringan mereka. Sebenarnya hal tersebut kurang begitu aman sebab dalam proses mengirim atau menerima data memungkinkan sesion kita terlihat dalam bentuk text. Sehingga orang yang jahil yang masuk ke network kita dapat mengetahui username, password, atau perintah-perintah yang di baca.

  1. Sebutkan fungsi Telnet !

Jawab :

Untuk dapat menghubungkan komputer yang terletak jauh dari komputer kita. Jadi yang dilihat di monitor komputer adalah isi dari komputer yang kita hubungkan tersebut

 

  1. Sebutkan dan jelaskan mascam – macam FTP berdasarkan hak aksesnya !

Jawab :

FTP User

FTP user artinya ftp yang dapat di akses dan memiliki permisi hanya di batasi hanya untuk user tertentu. Format dari FTP user adalah :ftp://user@host.domain

FTP anonymous

FTP yang disediakan secara anonymous/ tanpa nama, dengan kata lain FTP tersebut dapat di akses oleh siapapun dan biasanya tanpa password. Contoh nya :ftp://unila.ac.id

  1. Sebutkan dan jelaskan perintah dalam proses FTP !

Jawab :

–          Open: memulai ftp dan mengkoneksikan ftp ke server

–          Nlist, dir, ls: daftar dari file yang ada dalam ftp server

–          Cd: berpindah direktori secara hakiki pada direktori ftp server

–          Lls, lcd, lpwd perintah yang digunakan untuk memberikan informasi kepada kita di direktori aktif mana kita berada pada computer local.

–          Get: perintah ini digunakan jika kita ingin mengambil file dari ft-server ke computer local

–          Put: perintah ini digunakan untuk menaruh data ke ftp-server, dari computer kita ke computer server

–          Mput/mget: digunakan untuk mengambil dan menaruh beb erapa data secara langsung

–          Ascii/binary: melakukan transfer data dalam bentuk format file ascii atau secara binary

–          Quit: mengakhiri dan memutuskan hubungan ftp dari computer kita ke computer server


 

DAFTAR PUSTAKA

4sucktie.tripod.com/ras1.pdf diakses pada tanggal 7 April 2013 08:10 PM

http://adepranata.blogspot.com/2011/05/ftp-file-transfer-protokol.html di akses pada tanggal 6 April 2013 pukul 8:32 AM

http://ahlisoftware.blogspot.com/2012/04/cara-akses-ftp-server-lewat-command.html di akses pada tanggal 9 April 5:22 PM

http://blog.fastncheap.com/aplikasi-ftp-di-windows/ di akses pada tanggal 7 April 2013 pukul 9:25 PM

http://budi.insan.co.id/courses/security/2006/tommy_report.pdf

http://daristkj.blogspot.com/2012/07/ftp-dan-cara-kerja.html di akses pada tanggal 6 April 2013 pukul 8:40 AM

http://Dinda Kusuma Ramadhan-REMOTE-ACCESS.html

http://ibasbloger.blogspot.com/2008/09/cara-pemakaian-putty-dan-winscp-di.html

http://mikro-software.blogspot.com/2011/10/putty.html

http://muhlis-statistik.blogspot.com/ di akses pada tanggal 6 April 2013 pukul 8:48 AM

http://narudesign.blogspot.com/2012/09/kegunaan-software-putty.html

http://uswatun-umus.blogspot.com/2013/01/materi-prakerin-ttg-radmin-secara.html

http://www.konsultasi-it.com/2011/05/install-dan-menggunakan-putty-ssh.html

 

Komentar

Tinggalkan komentar